by

KPU Samosir Gelar Uji Publik Penataan Dapil Dan Alokasi Kursi Pemilu 2024

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dihadiri puluhan wartawan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir kembali menggelar ‘Uji Publik’ tentang penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten kota pada Pemilu 2024, di Kantor KPU Samosir. Selasa (13/12).

Sebelumnya disesion pertama, KPU Samosir juga menggelar uji publik Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu 2024, yang dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pemuda. Dan selanjutnya disesion ketiga akan dihadiri oleh Ketua partai, camat, steackhokder, forkopimda.

Hal ini dilakukan KPU Samosir berdasarkan peraturan KPU NO 6 Tahun 2022. Pada pasal 6 berbunyi “KPU Kabupaten/kota mengumumkan kepada masyarakat dan penyelenggara uji publik rancangan penataan Dapil dan Alokasi kursi untuk mendapatkan masukan dan tanggapan.

Anggota KPU Kabupaten Samosir, Robinsar J Barus menjelaskan bahwa uji publik bertujuan untuk mendapatkan saran serta masukan melalui diskusi bersama berbagai unsur masyarakat terkait dengan rancangan dapil di kabupaten tersebut.

“Berdasar data agregat kependudukan kecamatan yang disampaikan Kementerian Dalam Negeri kepada KPU, tercatat jumlah penduduk di kecamatan Simanindo berjumlah 24.017, kecamatan Pangururan 35.973, kecamatan Ronggurnihuta 10.086, kecamatan Palipi 18.899, kecamatan Nainggolan 13.175, kecamatan Onanrunggu 11.236, kecamatan Harian 10.063, kecamatan Sianjurmulamula 10.406, dan kecamatan Sitiotio 8.463. total penduduk Kabupaten Samosir berjumlah 142.318 jiwa”, paparnya menggunakan infocus.

Meskipun Tahun 2024 jumlah pemilih ada peningkatan mencapai 84%, namun anggota DPRD Samosir masih berjumlah 25. Dan seluruh kecamatan yang ada di Samosir memiliki keterwakilan masing-masing.

“Jumlah kursi ditentukan dari jumlah penduduk, bukan jumlah pemili. Jika penduduk kita sudah berjumlah diatas 200.000 maka jumlah kursi DPRD kita akan bertambah menjadi 30 kursi”, terangnya.

Monang Sinaga, Anggota KPU Samosir bidang perencanaan juga menambahkan, bahwa masyarakat juga dapat mengetahui DPT terdaftar melalui website cekdptonlin.kpu.id. “Melalui aplikasi cekdptonlin.kpu.id ini, masyarakat dapat mengetahui dirinya teradaftar sebagai pemilu 2024”, beber Monang Sinaga.

Diakhir acara, Robinsar Junedi Barus memberitahukan bahwa KPU Samosir telah menerimah tanah hibah dari pemkab Samosir untuk dibangun kantor KPU Samosir. “Semoga tahun depan (2023), KPU Samosir akan memohon ke pusat (KPU RI) untuk pembangunan kantor KPU Samosir di Parbaba”, pungkasnya.

Turut hadir seluruh komisioner KPU Samosir, diantaranya yakni Ika Rolina Samosir, Robinsar J.Barus, Monang Sinaga, Gomgom Situmorang, Barita C. Malau.

(JuntakStar)