by

Hujan Deras Sesaat,Puluhan Rumah Di Gang Rejeki Tergenang Air

Berita Karo.Olnewsindonesia,Rabu(19/09)

Akibat hujan lebat sore sekitar pukul 17.30 WIB pada Rabu (19/09) 2018, puluhan rumah warga di gang Rezeki jalan Djamin Ginting Berastagi ketiban banjir yang mengakibatkan perabot rumah warga tergenang air setinggi 20 centimeter.

Sementara di badan jalan air tergenang setinggi lutut orang dewasa yang membuat warga panik dan saling menyelamatkan barang barang /perabot rumah nya masing masing. Dan tidak jauh dari rumah warga tembok beton sepanjang delapan meter ambruk sehingga air semakin meluber ke pemukiman warga.

Ket foto : Salah satu warga membersihkan teras rumahnya yang kebanjiran sekitar pukul 17.30 Wib di Gang Rezeki Berastagi, Rabu, (19/09) 2018
Ket foto : Salah satu warga membersihkan teras rumahnya yang kebanjiran sekitar pukul 17.30 Wib di Gang Rezeki Berastagi, Rabu, (19/09) 2018

Ibu Samsul Bahri (58) yang rumahnya ter kena imbasnya mengatakan, sumber kebanjiran ini akibat banyaknya air yang datang dari jalan besar Berastagi dan dari gang tetangga, anehnya kata Ibu Samsul Bahri ini adanya parit di belakang rumah kita, kok air makin parah, padahal di sini sering banjir namun baru kali ini lah air masuk ke rumah warga, termasuk rumah saya, ‘ujar ibu ini penuh heran.

Kepala desa Rumah Berastagi, Saiman Ginting saat di konfirmasi mengatakan, kebanjiran ini terjadi karena Drainase yang di lingkungan atas di daerah gang rezeki ini tumpat, serta adanya volume air yang cukup besar yang tidak tertampung oleh parit dan tidak berfungsi nya gorong-gorong di Simpang Ujung Aji, tentu ini harus dibenahi, ujarnya.

Namun pihak desa sudah pernah meminta ke pihak pemerintah dalam hal ini dinas PU, namun hingga kini tidak ada respon atau realisasi, ” kesal Kepdes tersebut.

Menurut salah satu tokoh pemuda Karo Jimbo Purba, ” mengatakan banjir ini hal yang lumrah bila hujan deras turun, namun masalah nya Pemkab Karo atau instansi terkait agar segera mengecek dan memberikan solusi sesegera mungkin, jangan hanya duduk manis saja di kantor nya, kasihan warga ini, ” ujarnya dengan tegas!

Di tempat yang sama Bayak Purba (54) Ibu Reza (55) dan para tetangga lainnya yang terkena imbasnya, mengeluh kan pihak tetangga sebelah rumah nya yang memiliki rumah kontrakan nya tidak memiliki fasilitas pembuangan air yang sebagaimana mestinya.

Informasi terakhir yang di terima olnewsindonesia bahwa tak jauh dari  gang Rezeki yakni di gang Karya Berastagi hal serupa juga terjadi. Menurut Polmas desa Rumah Berastagi Aiptu Sinaga dari Polsekta Berastagi yang turun ke lokasi banjir mengatakan,”Di Gang karya juga banyak rumah warga terendam air, tak ubah nya seperti di gang Rezeki ini,”ujarnya singkat.

(david)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.