by

Dinas KPKP Adakan Webinar Inspiratif Kisah Sukses Urban Farming

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) bersinergi dengan Perhimpunan Agronomi Indonesia (Peragi) DKI Jakarta menggelar webinar urban farming untuk ketahanan pangan Jakarta.

Webinar menghadirkan tiga narasumber yakni Joko Sugiharto selaku penggiat urban farming Pondok Pesantren Ulul Ilmi, Fikri Husain sebagai praktisi smart farming di Jakarta dan Triyono yang juga anggota TNI sekaligus penggiat urban farming rooftop di markas Paspampres.

Sub Koordinator Pertanian Perkotaan Dinas KPKP, Taufik Yulianto mengatakan, pihaknya bersinergi dengan berbagai pihak gencar menggelar program urban farming atau pertanian perkotaan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Jakarta.

“Webinar yang digelar hari ini menampilkan tiga narasumber untuk menyampaikan kisah inspiratif untuk memacu kita semua agar dapat memanfaatkan ruang di lingkungan sektar menjadi lahan urban farming,” ujar Taufik Yulianto, Senin (17/4).

Ia memaparkan, program urban farming terus dikembangkan di permukiman padat penduduk dengan nama kegiatan gang hijau. Dinas KPKP DKI Jakarta juga melibatkan pondok pesantren di Jakarta untuk pengembangan program urban farming.

“Selama tahun 2022, Dinas KPKP DKI Jakarta telah membina sebanyak 25 pondok pesantren. Dan program urban farming akan terus disosialisasikan ke pondok pesantren tahun ini,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Taufik juga mengajak warga Jakarta yang telah mengikuti program urban farming tetap semangat. Termasuk kalangan akademisi dan kalangan usaha di Jakarta untuk terus mendukung pengembangan program urban farming untuk mewujudkan ketahanan pangan.

210