by

Jalur Evakuasi Karo – Langkat Masuk Dalam Program Pengerjaan Di Bulan September

Tanah karo.Olnewsindonesia,Minggu(18/03)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Riadil Akhir Lubis Kepala BPBD Provsu dan Ny Sariati Terkelin Brahamana ketua TP PKK Kab.Karo meninjau jalur Evakuasi yang melintasi desa Kuta Rakyat Kab Karo tembus Telagah Kab.Langkat (18/3) pukul 11.00 Wib.

” Jalur jalan yang ditinjau ini adalah merupakan sebuah jalur pengungsian atau jalur evakuasi yang digunakan untuk mengevakuasi masyarakat yang tinggal disekitar Gunung Sinabung ke tempat aman jika terjadi suatu letusan dan Erupsi yang dahsat menuju kearah Binjai, dimana diperkirakan jalan yang rusak ada sekitar 5 km dari desa Kuta Rakyat Kec.Naman teran Kab.Karo menuju Desa Telagah Kab.Langkat, ” Kata Terkelin Brahmana saat berhenti disalah satu jalan yang dilalui.

” Ini momen yang sangat penting kelapangan berdampingan dengan kepala BPBD Provsu sekaligus untuk pengecekan jalan tersebut sejauh mana sudah penanganannya untuk perbaikan,sekedar mengingatkan sejak bergulirnya pembicaraan dan lobi mulai tingkat daerah,propinsi,dan pusat agar jalan Tembus Karo-Langkat dapat terealisasi sebagai jalur Evakuasi ditambah mengurai kemacetan lalu lintas dari Berastagi ke Medan maupun sebaliknya,” Ujarnya.

Lanjutnya, “hasil survei barusan yang kami lakukan ,belum disentuh oleh Propinsi untuk perbaikan jalan dan pembangunannya karena dananya ditampung oleh provsu, mudah-mudahan tahun ini 2018 sudah kelir semua, sehingga membantu jalur cepat evakuasi, jika gunung Sinabung mengancam jiwa dan masyarakat sekitar diluar Zona merah, “Imbuhnya.

Sementara Riadil Akhir Lubis kepala BPBD Provsu mengakui, baru pertama kali ini melewati jalan tembus Karo- Langkat untuk mengecek Jalur evakuasi bila bencana gunung Sinabung Erupsi dan meletus yang dapat mengancam jiwa keselamatan Masyarakat sekitar, ini patut diprioritaskan perbaikan jalannya.

” Ditilik dari jalan tersebut yang baru saya lalui memang cukup parah bagi kendaraan biasa untuk lewat dan minimal kendaraan Daubel Cabin yang harus melintas, sebab kiri kanan jalan masih banyak bebatuan besar kecil berserak dijalan dengan kondisi jalan tanjakan dan turunan agak curam dengan kondisi jalan sangat sempit,” Ujar Riadil Akhir Lubis sembari memantau jalan yang ia lalui.

Disela sela melepaskan lelah sambil berbincang bincang-bincang dengan Bupati, Kepala BPBD Provsu ini ber ujar, “Jalan ini , mungkin paling lama bulan September tahun 2018 ini, akan dijamah dan diperbaiki oleh pihak Provsu dengan anggaran APBD Provsu, mudah-mudahan jalan yang berkisar 5 km jaraknya ini,dengan kondisi cukup menantang yang memakan waktu 30-45 menit.
” Nah nanti nya jika sudah diperbaiki tidak akan sulit lagi dilewati,maka jarak tempuh yang 5 KM tersebut dapat ditempuh hanya dengan waktu 10-15 menit, ini sangat membantu serta menguntungkan bagi masyarakat sekitar Gunung Sinabung, sebagai Jalur Evakuasi tercepat disaat Gunung Sinabung mengamuk, ” Sebut Riadil Akhir Lubis selaku Kepala BPBD Provsu ini.

Pak Arie Ginting warga Setempat ditemui crew Olnewsindonesia yang merupakan seorang Petani ini, begitu mendapatkan kabar jalan tembus Karo Langkat ini akan segera di benahi oleh Pemprovsu sangat bersyukur sekali dan mendukung Kebijakan Pemkab Karo dan mengapresiasi Bapak Bupati Karo yang turun langsung ke lokasi. Ini kan hari libur, semua para pejabat umum nya pasti berlibur pula, tapi Tidak bagi Pak Terkelin ini, ujarnya penuh bangga.

(David. Laia)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.