18 Juta Orang Akan Mudik, Waspada Jabodetabek Lengang dan Sepi

BERITA2 Views

Jabodetabek, OLNEWS INDONESIA.

Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan Kementerian Perhubungan telah melakukan survey , Diprediksi jumlah pemudik untuk  musim lebaran tahun 2017 ini akan mencapai 19,04 juta orang, atau mengalami kenaikan sebesar 4,85% persen dari jumlah pemudik tahun 2016 yang berjumlah 18,16 juta orang

Lengang dan Sepi dalam beberapa pekan akan di jumpai di Jabodetabek, khususnya ibu kota dan sekitarnya, memang menjadi keasyikan tersendiri bagi warga yang tidak mudik, jalanan tidak macet dan berkurangnya bising kendaraan, tetapi ini juga menjadi perhatian dan kewaspadaan , karena sepi kejahatanpun bisa menjadi masalah baru yang muncul saat suasana lebaran.

Untuk kewaspadaan Pemudik , agar rumah yang di tinggalkan aman, ada beberapa saran berikut ini sebagai tindakan preventif pada saat rumah di tinggal mudik :

1.  Kunci semua pintu dan jendela.pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci. Bila perlu pasang pengamanan rangkap pada bagian yang sering menjadi incaran penjahat seperti lemari, kamar
tidur dan pintu bagian belakang. Jangan meninggalkan kunci penting seperti kunci motor, mobil dan lemari di rumah
2. Cabut listrik dan gas untuk meminimalisir resiko kebakaran.
3. Matikan saluran utama PAM dan keran air. Sebelum pergi pastikan saluran utama PAM dan keran tidak mengalir. Selain untuk menghindari tagihan yang membengkak, juga untuk menghindari terjadinya kebocoran.
4. Hindari hal-hal yang dapat menunjukkan rumah sedang dalam keadaan kosong agar tidak menarik perhatian pelaku kejahatan. Misal, mintalah bantuan kerabat atau tetangga yang tidak mudik untuk menyalakan dan mematikan lampu atau memberi makan hewan peliharaan, jika ada, letakkan beberapa sandal di depan pintu, stop semua pesanan online / langganan selama mudik
5. Simpan barang berharga ditempat yang paling aman. Simpan barang-barang berharga seperti surat-surat penting, uang dan perhiasan ditempat yang paling aman. Jika membutuhkan keamanan lebih, bisa memanfaatkan layanan penitipan barang yang disediakan oleh Bank dan Pegadaian terdekat. Untuk kendaraan, bisa memanfaatkan layanan penitipan kendaraan yang disediakan oleh kepolisian setempat.
6. Titipkan rumah pada orang yang dipercaya.
7. Bersihkan rumah dan tutup semua lubang pembuangan sebelum pergi.
8. Hindari perilaku narsis pamer mudik dimedia sosial. Demi keamanan, untuk sementara waktu hindari aktifitas memposting segala sesuatu terkait kegiatan mudik lebaran, terlebih menceritakan setiap detailnya seperti ‘kapan berangkat’, ‘dengan siapa saja’, ‘dirumah ada siapa’, ‘kapan akan pulang’ di media sosial seperti facebook, twitter, instagram, path, ask.fm dan berbagai jenis media sosial lainnya. Segala sesuatu yang diposting di media sosial bersifat publik, artinya siapapun dapat melihat dan mengakses. Berhati-hatilah dalam menyebarkan berbagai informasi yang bersifat pribadi ke media sosial. Bisa jadi ada orang jahat sedang mengintai, mencari target kejahatan dengan mengorek-orek berbagai informasi melalui media sosial.
9. Pasang lampu otomatis. Pasang lampu otomatis yang telah dilengkapi rangkaian elektronik yang mampu mendeteksi cahaya terang dan gelap sehingga akan dapat menyala pada malam hari dan pada siang hari akan mati dengan sendirinya,
10. Pasang alarm keamanan dan kamera pengintai (CCTV). Bila diperlukan, pasang alarm keamanan dan kamera pengintai dibeberapa titik rawan kejahatan dirumah seperti halaman, ruang tamu dan kamar tidur.
11. Laporan kepada RT setempat kapan waktu berangkat dan perkiraan balik dari mudiknya.
Semoga bermanfaat bagi warga yang akan mudik, Dan silaturahmi mudiknya Rumah aman, Mudikpun Nyaman.( Dari berbagai sumber )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *