by

Rampung Pembangunan Saluran Air Tahap IV Di Jakarta Timur

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pembangunan saluran air tahap IV yang tersebar di enam lokasi di wilayah Jakarta Timur, kini telah rampung. Namun, pihak kontraktor masih memiliki kewajiban untuk pemeliharaan selama enam bulan ke depan.

Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri menjelaskan, pada hari ini kontraktor melakukan provisional hand over (PHO) dengan pihaknya untuk pekerjaan saluran air yang berada di dalam area Mabes TNI Cilangkap. Sebelumnya, Rabu (14/12) kemarin, PHO dilakukan di Jl Waru RW 02 Cilangkap.

“Alhamdulillah pekerjaan pembangunan saluran air tahap empat sudah selesai. Saat ini tinggal PHO saja dan hari ini PHO untuk pembangunan saluran air di Jl Mabes TNI yang ada di area Mabes TNI Cilangkap,” kata Saugi, Kamis (15/12).

Menurutnya, selain di area Mabes TNI, PHO juga akan dilakukan di area rumah pompa ASMI dan Cawang Wika. Di dua lokasi itu ada proyek pengadaan dua genset berikut dengan panelnya, sebagai cadangan pengoperasian pompa saat aliran listrik padam.

Disebutkan, enam saluran air baru yang dibangun tahap empat ini masing-masing adalah saluran air di Jalan Makmur menuju Pesantren Al Hamid, Kelurahan Munjul, sepanjang 514 meter, menggunakan material box culvert ukuran 80 sentimeter dan U-ditch ukuran 80×80 sentimeter.

Kemudian saluran air Jalan Makmur menuju Waduk Munjul sepanjang 252 meter menggunakan U-ditch ukuran 60×60 sentimeter dan box culvert ukuran 60 sentimeter. Saluran air di Jalan Waru I, Jalan Waru II dan Jalan Basuki II, RW 02 Cilangkap sepanjang 383 meter menggunakan beton U-ditch ukuran 60×60 sentimeter.

Lalu, saluran air di Jalan Malaka Hijau VIII, Pondok Kopi sepanjang 260 meter menggunakan beton U-ditch ukuran 60×60 sentimeter, 80×80 sentimeter dan 100×100 sentimeter serta box culvert ukuran 60 dan 80 sentimeter.

Selanjutnya, saluran air Jalan Persatuan II, RT 09/08, Kelapa Dua Wetan, sepanjang 443 meter menggunakan U-ditch ukuran 60×60 sentimeter dan 80×80 sentimeter, dan saluran air di dalam Komplek Mabes TNI sepanjang 808 meter, menggunakan U-ditch ukuran 60×60 sentimeter.

210