by

3 Desa 1 Dusun Geruduk Kantor Bupati Karo Bersama AGMR

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Aliansi Gerakan Masyarakat Relokasi (AGMR) Tahap 3 (tiga) Siosar gelar aksi damai ke Kantor Bupati Karo yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga sore yang dimulai dengan aksi jalan dari Kantor DPRD Karo menuju Kantor Bupati Karo dengan ratusan massa dari 3 Desa 1 Dusun, dengan membawa bendera, spanduk, umbul umbul, pengeras suara dan lainnya, pada Selasa (15/11.2022).

“Berdasarkan situasi yang sedang kami alami direlokasi tahap 3 Siosar yang sudah lama ditetapkan Pemerintah Kabupaten Karo menjadi tempat kami direlokasikan, kami masyarakat sudah merasa di zolimi oleh Pemkab Karo atas diserahkan nya Lahan Usaha Tani (LUT) yang mana kondisinya masih ada masalah dengan masyarakat sekitar yang belum bisa ditanami hingga saat ini, maka dari itu kami mendesak Pemkab Karo mengenai situasi lahan kami, maka inilah kami buat aksi damai,” ujar Perwakilan aksi dari AGMR tersebut.

Sesampainya di Kantor Bupati Karo, salah satu warga sebut dalam orasinya sampaikan ke Bupati Karo agar mundur saja jadi Bupati, bila tak mampu menangani kasus silang sengketa tanah terkait relokasi tahap ketiga (3) ini,” la ngasup ibu Bupati ta e ..!! ( Ibu Bupati kita tak sanggup _red),” mundur…mundur…!!!, teriak massa.

Warga Desa Sigarang-Garang, Desa Sukanalu, Desa Mardingding, dan Dusun Lau Kawar Kecamatan Naman Teran dan Kecamatan Tiga Nderket Kabupaten Karo tersebut sempat emosi dan hendak menggeruduk masuk ke Kantor Bupati untuk meminta kejelasan Cory Sebayang selaku Bupati Karo.

Adapun tuntutan massa diantaranya adalah agar Pemkab Karo menjamin keamanan di area LUT yang masih konflik serta terkait sewa Lahan, dan Sewa Rumah yang sejak lama sudah tidak ada kejelasan.

Pantauan Olnewsindonesia.com di lokasi, massa dari 3 Desa dan 1 Dusun tersebut menutup jalur ataupun akses jalan menuju Berastagi Medan yang membuat sedikit terjadi kemacatan yang panjang, dan sebagian massa memasak untuk bekal makan siang mereka dan hingga pukul 18.00 WIB massa masih terlihat di area kantor Bupati dan di sisi jalan.

Selain Bupati Karo, aksi demo ini juga di hadiri sekaligus mendampingi Bupati Karo yakni Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting, Wakil Ketua DPRD Karo, Davit Kristian Sitepu dan Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, Kabag Ops Kompol D.Munte berserta PJU Polres Karo beserta puluhan Personil bersiap siaga menjaga aksi damai tersebut.

(David)