by

Bupati Karo Dampingi Kapoldasu Lounching Penanaman Sejuta Pohon Dan Bakti Kesehatan Di Desa Wisata Tongging

Berita  Karo.OLNewsindonesia,Selasa(15/10)

Kapolda Sumut Irjen Drs Agus Andrianto SH, MH, Ketua Bayangkari Polda Sumut Ibu Ny Evi Agus Andrianto,melounching Penanaman Sejuta Pohon di perbukitan Sipiso Piso dan berlanjut mengadakan bakti sosial kesehatan di Desa Tongging, Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Selasa (15/10) 2019 pukul 10.00 WIB.

Acara penanaman sejuta pohon resmi dibuka oleh Dirkrimsus Polda Sumut Kombes Roni Santana Tarigan, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada jajaran Pemkab Karo, Tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh pemuda, juga kepada 23 Direksi perusahaan BUMN, HPH dan Perusahaan Sawit Nasional, yang sudah ambil bagian berkontribusi dalam program penanaman sejuta pohon untuk di tanam diberbagai tempat se sumatera utara.

Ket foto : Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto SH didampingi Bupati Karo dan Kapolres Tanah Karo saat melakukan penanaman pohon secara simbolis di lereng Perbukitan Desa Wisata Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Selasa(15/10) 2019 (Ist)
Ket foto : Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto SH didampingi Bupati Karo dan Kapolres Tanah Karo saat melakukan penanaman pohon secara simbolis di lereng Perbukitan Desa Wisata Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Selasa(15/10) 2019 (Ist)

“Ide serta gagasan ini datang dari Bapak Kapoldasu dan Direksi Pt Inalum, mengingat kawasan Danau Toba saat ini debit airnya menurun setiap tahunnya, begitu juga dengan dampak kerusakan hutan oleh ulah manusia, sehingga timbul lah gagasan untuk menghijaukan kembali kawasan Danau Toba ,agar ekosistem lingkungan tetap terjaga dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, diharapkan kepada masyarakat sekitarnya untuk sama sama memelihara tanaman ini,”jelas Dirkrimsus Poldasu Kombes Roni S Tarigan.

Dirinya menambahkan, adapun jenis tanaman yang di tanam kali ini adalah sejenis buah buahan seperti , Mangga , Durian , Alpokat , Pete , Jengkol . Ini bertujuan agar masyarakat dikawasan Danau Toba bisa hidup lebih sejahtera. Untuk dana pemeliharaan tanaman ini juga sudah di persiapkan agar tumbuh kembang nya dapat maksimal,” ungkap roni mengakhiri.

Kepolisian Daerah Sumatera Utara menerjunkan 11 Dokter spesialis dalam bakti kesehatan yang dilaksanakan di Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dan sebanyak 60 ribu warga kurang mampu yang menderita berbagai penyakit sudah dibantu dan dirawat. Adapun sasaran kegiatan tersebut adalah untuk membantu warga yang menderita bibir sumbing, katarak, tangan dan kaki putus, anak terlantar, penderita jari kanan kontraktur, pembuatan anus, tumor kandungan, kaki gajah, phokomelia atau kelainan bawaan lahir, Hidrocepalus, tumor jinak dan warga yang alami luka bakar.

Dalam sambutannya, Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. mengatakan bahwa bakti sosial kesehatan ini bentuk kepedulian dan komitmen polisi untuk hadir membantu warga kurang mampu. Polri itu hadir sebagai perpanjangan tangan pemerintah. Kita sudah sering melaksanakan bakti kesehatan. Dalam satu tahun ini sudah 55 kali bakti kesehatan yang dilaksanan Polda maupun Polri sejajaran.

“Untuk kegiatan bakti sosial kesehatan yang dilaksanakan di Kabupaten Karo, kami telah mengerahkan sebanyak 11 spesialis yang terdiri dari Dokter Ahli Bedah Umum, Anak, Penyakit Dalam, Bedah Mulut, THT, Bedah Digestif, Kebidanan dan Kandungan, Jiwa, Mata, Kulit dan Kelamin dan Bedah Ortopedi. Selain itu kami juga menurunkan mobil EKG, Ronsen dan Mobil Keluarga Berencana. Jadi calon pasien langsung bisa ditangani oleh dokter spesialis sesuai penyakit yang dideritanya. Kalau nanti setelah observasi butuh penanganan lanjutan maka akan dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan dan untuk biayanya akan kita tanggung,” tambah Kapolda Sumut.

Ditargetkan, peserta kesehatan ditempat ini akan mencapai 2 ribu orang. Program sosial yang dilaksanakan merupakan kewajibannya sebagai sesama manusia untuk saling membantu. Selama masih diberikan kesempatan hidup, disitulah kita bisa membantu antar sesama. Mari kita tetap bersyukur atas nikmat yang diberikan sang pencipta,” jelas Kapolda.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu SIK, Ketua Bayangkari Polres Karo Ny Indri Benny R Hutajulu, Ketua DPRD Karo Iriani br Tarigan dan jajaran Forkopimda Kabupaten Karo beserta Ormas kepemudaan se – Kabupaten Karo.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.