by

Bupati Karo Buka Survei Akreditasi Puskesmas (AP) Merek Tahun 2018

Berita Tanah Karo, Online News Indonesia, Senin (15/10)

Pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Karo , sekaligus berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan kesehatan melalui perluasan jangkauan kesehatan dan peningkatan mutu kesehatan secara berkesinambungan yang dapat dicapai melalui Akreditasi Puskesmas (AP) .” Hal ini dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana pada saat memberikan sambutan dalam acara menghadiri pembukaan Survei Akreditasi UPTD Merek Tahun 2018, pukul 08.00 Wib (15/10) 2018 di Kecamatan Merek Kabupaten Karo.

 Bupati Karo bersama Tim Surveyor dan seluruh Muspika Merek di Puskesmas Merek berfoto di sela sela kegiatan
Bupati Karo bersama Tim Surveyor dan seluruh Muspika Merek di Puskesmas Merek berfoto di sela sela kegiatan

Bupati Karo saat memberikan uis nipis (ulasan Karo)  kepada ketua Tim Surveyor Akreditasi dari Kementrian Kesehatan RI  sebagai tanda tamu kehormatan

Bupati Karo saat memberikan uis nipis (ulasan Karo) kepada ketua Tim Surveyor Akreditasi dari Kementrian Kesehatan RI sebagai tanda tamu kehormatan

Bupati mengatakan, yang tidak kalah penting berhasilnya pembangunan kesehatan pada hakikatnya menuntut kerja sama yang lebih sinergis antara Pemkab Karo, stakeholder dan seluruh masyarakat. Akreditasi Puskesmas (AP) merupakan pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang telah ditetapkan oleh menteri kesehatan, sebut Bupati Karo.

Selain itu AP ini merupakan amanah pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 tentang pusat kesehatan masyarakat dan peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 tahun 2015 tentang akreditasi Puskesmas, klinik Pratama tempat praktik Mandiri dokter dan dokter gigi.” jelasnya.

” Dan atas nama pemerintah Kabupaten Karo ketika kami siap berkomitmen untuk, melaksanakan dan memenuhi syarat yang wajib dipenuhi untuk memenuhi ketentuan yang ditetapkan tim Surveior nantinya,” tuturnya.

Sambungnya, saya berharap upaya yang telah dilakukan ini tim surveyor dapat memberikan pembinaan dan arahan untuk Puskesmas merek yang akan menjalani proses survey akreditasi dan berharap Puskesmas yang ada di Kabupaten Karo dapat terakreditasi seluruhnya tahun 2019 yang akan datang,” harapnya.

Pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi setinggi tinginya kepada semua pihak yang terlibat dalam proses persiapan AP Merek, kerja tim yang Solid , lintas sektor yang mendukung dan juga partisipasi masyarakat , Khususnya Tim Surveyor Kementrian Kesehatan RI , kami mengharapkan apa yang sudah Ibu kerjakan dapat berjalan lancar dan sukses.”tutup Terkelin Brahmana.

Sementara itu Kadis Kesehatan Drg Irna Safrina Meliala mengungkapkan, akreditasi ini sudah berjalan sejak bulan September 2018 yang lalu , dimana tim Surveior adalah selaku tim penilaian dari Kementrian Kesehatan pusat RI , dan sudah melaksanakan tugasnya di beberapa Puskesmas di Kabupaten Karo , hingga sampai hari ini,” ujar Irna.

Iya ,sudah ada 4 (empat) Puskesmas yang dicapai dan dilakukan penilaian oleh Tim Surveyor sebelumnya yaitu Puskesmas Berastagi, Puskesmas Singa, Puskesmas Lau Baleng, Puskesmas Mardinding,” sebutnya.

Selain itu, bulan Oktober 2018 ini akan ada dua Puskesmas yang akan dimasuki Tim Surveyor Kementrian Kesehatan RI yaitu salah satu saat ini Puskesmas Merek dinilai mulai tanggl 14 Oktober s.d 17 Oktober 2018 dan selanjutnya minggu depan Puskesmas Tiga Nderket akan dinilai, ” ucapnya.

” Atas kehadiran Tim Surveyor , kami berharap kehadiran Ibu ke Kabupaten Karo tidak hanya saat ini saja , namun untuk seterusnya Ibu berkenan berkomunikasi dengan kami untuk memberikan masukan dan ide ,karena ide masukan dan pemikiran Ibu sangat dibutuhkan untuk kemajuan Kabupaten Karo khususnya sektor kesehatan,” imbuh Irna.

Turut hadir dalam acara pembukaan Akreditasi Puskesmas (AP) Merek Tahun 2018 Tim surveyor dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementrian Kesehatan RI, dr.Noerzamanti Lies Karmawati M,Kes, Zatwrti SKM, S.Kep.Ns, drg Enizar Noerdin, anggota DPRD Karo Firman Firdaus Sitepu, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi, dr Hartawati Br Tarigan Kadis Pemberdayan Perempuan dan Anak, dr Arjuna Wijaya S,Pp Direktur RSU Kabanjahe, Camat Merek Tomi Sidabutar, Muspika Merek, Kepala Puskesmas UPTD Merek dr Bartolomeus Karo-Karo, dan para pegawai Puskesmas Merek , serta Ibu Ibu PKK Kec.Merek.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.