Tiga Teropong Disiapkan Untuk Amati Supermoon Di Ancol

BERITA, JAKARTA2 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Planetarium dan Observatorium Jakarta Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta (UP PKJ) Taman Ismail Marzuki (TIM) Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta akan menggelar kegiatan diskusi dan pengamatan fenomena Supermoon di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Masyarakat yang ingin mengikuti diskusi dan melakukan pengamatan melalui teropong, akan diberikan kesempatan saat fenomena Supermoon terjadi, Selasa (14/6) malam ini.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, M Rayhan mengatakan, Supermoon merupakan fenomena langka yang layak dibahas dalam diskusi dan diamati. Karena itu, pihaknya mencoba menggelar kegiatan sebagai bentuk sosialisasi dan layanan kepada masyarakat.

“Karena Planetarium dan Observatorium kita masih dalam tahap revitalisasi, kegiatan kita gelar di kawasan Ancol,” ujarnya, Selasa (14/6).

Dilanjutkan Rayhan, diskusi akan digelar pukul 19.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB malam nanti. Kegiatan akan menghadirkan astronom, Widya Sawitar sebagai pemateri dan dari Himpunan Astronomi Amatir Jakarta, dan Agnesia Astri Suryani bakal tampil sebagai moderator diskusi.

Setelah sesi diskusi, kegiatan akan dilanjutkan peneropongan. Sebanyak tiga unit teropong disiapkan bagi masyarakat yang ingin melakukan pengamatan secara langsung.

Pihaknya memastikan tidak akan memungut bayaran bagi masyarakat yang ingin mengikuti diskusi atau melakukan peneropongan. Warga cukup masuk ke kawasan Ancol Taman Impian dengan membayar tiket sesuai tarif yang diberlakukan pengelola kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Pengamatan melalui teropong akan berlangsung hingga pukul 21.00 WIB. Jika animo masyarakat tinggi, Rayhan mengaku akan menambah dua unit teropong lagi untuk digunakan melakukan pengamatan.

“Bagi masyarakat yang tidak bisa hadir langsung, jangan khawatir. Kami akan siarkan langsung melalui kanal Youtube Planetarium & Observatorium Jakarta,” tandasnya.

Relhupeprodki