by

Gempa M 7.2 Guncang Nias Barat, Masyarakat Panik dan Keluar Rumah

Berita Karo. OLNewsindonesia.Jumat(14/05/21)

Gempa bumi dengan parameter magnitudo 7.2 yang bersumber dari Nias Barat pada Jum’at (14/05) 2021 sekira pukul 13.33 WIB, dirasakan kuat juga oleh masyarakat Kabupaten Karo dan sekitarnya.

Ari Ginting (26) warga Berastagi menuturkan,saat dirinya berada dalam rumah begitu tahu gempa Saya keluar. Gempa terjadi 2 ( dua) kali diwaktu yang sama. Saat terasa rumah goyang saya kaget, dan sadar itu gempa saya teriak gempa..,gempa..! kejadiannya 2 kali dalam waktu yang sama , mungkin beberapa detik,sebentar berhenti,lala rumah terasa sekali getarannya,tanah bagai goyang seperti kita diayunan,”terangnya sedikit pucat.

Sementara itu, dikutip dari siaran Pers BNPB Pusat, Dr.Raditya menyampaikan,”Kepala Sub Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat, Hiramo melaporkan, guncangan gempa bumi tersebut sempat membuat masyarakat panik dan keluar rumah.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Nias Barat saat ini sedang melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi dan pihak terkait.

Sementara itu, berdasarkan hasil rekaman seismogram Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi tersebut berada pada 0.10 LU dan 96.53 BT di laut pada kedalaman 19 kilometer (km).

Adapun apabila ditarik garis lurus, maka jarak pusat gempa tersebut berada pada 141 km Barat Daya Nias Barat, 151 km Barat Daya Nias Selatan, 172 km Barat Daya Nias, 455 km Barat Daya Medan dan 1.339 km Barat Laut Jakarta.

Lebih lanjut, menurut BMKG gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.Hingga siaran pers ini diterbitkan, belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerugian materil,”sebut Dr. Raditya Jati Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.