Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular Digencarkan Puskesmas Kemayoran

BERITA, JAKARTA53 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, menggencarkan pemeriksaan kesehatan warga pengidap penyakit tidak menular melalui program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di delapan kelurahan.

Kepala Puskesmas Kemayoran, Debby Permatasari mengatakan, dalam program ini pihaknya bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Jakarta Pusat dengan menggelar rangkaian kegiatan antara lain senam, penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan rutin kepada warga penderita hipertensi dan diabetes melitus.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan di delapan wilayah kelurahan,” tuturnya, Rabu (13/7).
Program Prolanis ini, ungkap Debby, digelar di ruang terbuka dan umum seperti RPTRA Harapan Mulia, RPTRA Serdang Baru, Puskesmas Kelurahan Utan Panjang, Pos RW 07 Kelurahan Sumur Batu, Puskesmas Kelurahan Kebon Kosong 1 dan Kebon Kosong 2, serta Balai Warga RW.06 Kelurahan Cempaka Baru.

“Kami juga menyosialisasikan penggunaan aplikasi Mobile JKN dan JakSehat kepada warga, agar mereka bisa melakukan skrining dan berobat ke puskesmas secara online,” kata Debby.

Ia berharap, warga yang ikut program Prolanis secara rutin dapat mengontrol penyakit yang diidapnya serta tetap terjaga kesehatannya.

“Setiap kelurahan saat ini diikuti 30 sampai 40 orang,” pungkasnya.

210