by

2 Titik Pintu Masuk – Keluar Ke Wilayah Karo Diawasi Dan Disemprot Disinfektan

Berita Karo.OLNewsindonesia,Senin(13/04)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH didampingi Sekda Drs Kamperas Terkelin Purba, Plt. Asisten 1 Davit Trimei Sinulingga, Asisten 2 Dapat Kita Sinulingga, Asisten 3 Mulianta Tarigan, Ketua Gugus Harian Ir Martin Sitepu, Kadis Kesehatan drg. Irna Safrina , Kepala Bappeda Ir.Nasib Sianturi dan sejumlah OPD terkait menggelar rapat membahas program/kegiatan rencana bidang dan Tim Ahli dalam penanganan Covid-19, Senin (13/04)2020 pukul 16.00 WIB di Aula lantai 3 kantor Bupati.

Dalam pengantar rapat, Ketua Gugus Covid-19 Kab. Karo Terkelin Brahmana, SH, MH mengatakan Kab.Karo sudah melakukan penetapan perpanjangan status siaga Darurat bencana Non Alam Covid-19, sesuai keputusan Bupati nomor : 360/0952/BPBD/2020 tanggal 1 April 2020 dan pembentukan Gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nomor : SK/360/116/BPBD /2020 tanggal 7 April 2020.

Tentu dalam hal ini, agar masing masing SKDP yang terlibat dalam tekhnis, supaya sesuai Tupoksi membuat rencana kegiatan (RKA) dan rencana kebutuhan (Rembut) dalam penunjang pelaksanaan program Covid-19. Jangan pernah sepele atau hal biasa dalam penangan Covid-19 tersebut, semua harus sesuai SOP Tupoksinya masing masing, namun tetap mengedepankan kolaborasi dan koordinasi antar SKPD yang menyatu dalam tim Gugus,”jelasnya.

Ket foto  : Pemkab Karo Gelar Rapat pembahasan penanganan Covid-19,di Aula lantai 3 Kantor Bupati Karo, Senin (13/04) 2020 (Ist)
Ket foto : Pemkab Karo Gelar Rapat pembahasan penanganan Covid-19,di Aula lantai 3 Kantor Bupati Karo, Senin (13/04) 2020 (Ist)

Apalagi ada rencana penyemprotan Disinfektan setiap kendaraan arus keluar masuk Tanah Karo, sesuai laporan kepada saya selaku ketua Gugus, ini adalah langkah yang baik, bahkan meyakinkan masyarakat Karo bahwa tim Gugus ada kepedulian untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”terang Terkelin.

Sementara, Ketua Harian Gugus Ir Martin Sitepu mengatakan setiap OPD sesuai yang disampaikan arahan oleh Bupati Karo segera memberikan RKA dan Rembut kepada kita selaku ketua Gugus Harian, agar dalam menyikapi setiap program dapat berjalan dengan baik, tidak ada kerja sendiri – sendiri namun satu tim,”ujarnya.

Untuk itu, rencana yang ada akan kita satukan persepsi dulu, demi melawan Covid-19, dan kita pedomani acuan SK Bupati yang sudah melibatkan SKPD seluruhnya sesuai peran dan fungsi masing masing agar berperan aktif,”kata Martin.

Lebih lanjut dikatakan Martin, pada Selasa (14/04)2020 tim Gugus akan serentak melakukan penyemprotan Disinfektan di dua titik pintu masuk, sedangkan sementara arus keluar- masuk kendaraan ke kota Berastagi dan Kabanjahe, terlebih dahulu kita lakukan, untuk pintu masuk perbatasan yang lainnya akan menyusul. Dalam pelaksanaannya, dibagi dengan dua tim, untuk mengisi dua titik tersebut, tim pertama di plot (ditempatkan) di depan bekas jembatan timbang Daulu dan Tim kedua di Tugas kan di Bandar Tongging persis depan rumah makan Purnama.

Lalu, tim ini akan bekerja mulai pukul 09.00 wib -17.00 WIB dengan sasaran semua kendaraan roda empat dan roda dua, saat masuk kewilayah Kab. Karo, hal ini antisipasi kendaraan arus keluar – masuk, wajib di semprot dengan Disinfektan, demikian juga di posisi tim kedua di Bandar Tongging , semua ini bertujuan untuk memperketat pengawasan penyebaran Covid-19 masuk kewilayah Tanah Karo,”terang Martin.

Dengan kegiatan ini, dihimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat Karo,jangan panik dan heran, jika saat bepergian melewati dua titik tersebut, jangan panik dan bingung ketika tim akan memberhentikan sejenak kendaraan yang dikemudikan ataupun dikendarai, sebab akan dilakukan terlebih dahulu penyemprotan Disinfektan oleh tim Gugus, di dua lokasi yang telah disepakati bersama tim, “imbuh Martin.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.