by

Kemendag RI Akan Revitalisasi Enam Pasar Dan Bangun Satu Pasar Di Kabupaten Samosir

Berita Samosir.Olnewsindonesia,Senin(13/08)

Mantap,tahun ini Kementrian Perdagangan (Kemendag) RI, melalui departement perdagangan akan merevitalisasi enam Pasar dan bangun baru satu pasar di kabupaten Samosir Sumatera Utara.

Hal ini disampaikan Kepala Tenaga Kerja, Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Kanaker koperindag) kabupaten samosir, Viktor Sitinjak SE kepada OLNewsindonesia.com diruang kerjanya jalan Perkantoran Parbaba Desa Siopat Sosor Pangururan.

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa, nantinya masyarakat tidak kewalahan lagi datang ke pangururan lagi menjual hasil bumi, maupun membeli kebutuhan hidup. Karena setiap kecamatan sudah memiliki pasar tradisional, harapnya.

Dijelaskannya, dari enam pasar yang akan direvitalisasi tahun ini, tiga pasar nantinya akan diserahkan kepada pemerintah desa melalui kecamatan, untuk dijadikan Bumdes. Sehingga Desa yang akan mengelola pasar tersebut akan menambah Pendapatan Desa demi pembangunan desa.

Selebihnya akan dikelola oleh pemkab Samosir, melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dengan cara restribusi pasar, ujarnya.

Foto : Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir, Viktor Sitinjak SE, saat dikonfirmasi wartawan OLNewsindonesia.com diruang kerja Dinas KanakerKoperindag Jalan Perkantoran Parbaba Desa Siopat Sosor Pangururan
Foto : Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir, Viktor Sitinjak SE, saat dikonfirmasi wartawan OLNewsindonesia.com diruang kerja Dinas KanakerKoperindag Jalan Perkantoran Parbaba Desa Siopat Sosor Pangururan

Berikut enam Pasar yang akan di Revitalisasi tahun ini (2018) yang bersumber Dari Dana DAK APBN 2018 :

1. Pasar Ambarita, Kecamatan Simanindo, Pagu Rp.783.300.000

2. Pasar Onan Baru, Kecamatan Pangururan, pagu Rp. 2.2 Miliar

3. Pasar Mogang, Kecamatan Palipi pagu Rp. 500 juta

4. Pasar Onan baru Desa sitinjak Kecamatan Onan Runggu, pagu Rp.700 juta

5. Pasar Sipira, Kecamatan Onan Runggu pagu Rp. 1.221.000.000

6. Pasar Onan Baru Sihotang Kecamatan Harian, pagu Rp. 795.100.000

Dan Untuk Pembangunan Pasar Onan Baru, akan menelan biaya Rp. 6 Miliar, yang akan dibangun di pinggir pantai Onan Baru Pangururan. Jadi untuk tahun 2018, total keseluruhan bangun dan revitalisasi pasar di Kabupaten Samosir sebesar Rp. 12 Miliar bersumber dari dana DAK APBN 2018, padahal sebelumnya di tahun 2017, hanya mendapat bantuan Rp.900 juta merevitalisasi pasar, ungkap Viktor Sitinjak

Berikut tiga pasar yang nantinya akan diserahkan pemkab Samosir untuk pengelolaan nya menjadi Bumdes, yakni :

1. Pasar Onan baru Desa sitinjak Kecamatan Onan Runggu, pagu Rp.700 juta

2. Pasar Sipira, Kecamatan Onan Runggu pagu Rp. 1.221.000.000

3. Pasar Onan Baru Sihotang Kecamatan Harian, pagu Rp. 795.100.000

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.