Pemdes Ciangsana Bangun Betonisasi Dan Drenase dari Anggaran Samisade

Berita Gunung Putri, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Desa (Pemdes) Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, merealisasikan Program Bantuan Keuangan Insfratruktur Desa, Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun 2023, di 3 titik berupa betonisasi dan drainase. Sabtu, (12/08/2023).

Ketua Tim Pelaksana (TPK) pembangunan Desa Ciangsana, Inam Nurjaya mengatakan, dalam launching samisade tahun 2023 yang dilaksanakan di Desa Ciangsana, akan diperuntukan pembangunan infrastruktur jalan dan pembangunan drynase sejumlah 3 titik.

“Pembangunan infrastruktur jalan dan drainase berada di tiga titik diantaranya, Kampung Cikeas Parung, RT 001, RW 009, Dusun 05. Tahap 1 enam puluh persen dengan panjang dua ratus dua puluh dua meter kubik. Betonisasi jalan lingkungan Kampung Pabuaran Wetan, RT 002, RW 039, Dusun 07 tahap 1. Panjang dua ratus tujuh puluh empat meter kubik. Dan Kampung Pabuaran Wetan, RT 001, RW 005, Dusun 04 Panjang seratus enam puluh lima meter, Drainase,” ucap Inam Nurjaya.

Dikesempatan yang sama juga, Kepala Desa Ciangsana H. Udin Saputra mengatakan, pada hari ini Pemerintah Desa Ciangsana melaksanakan pembangunan infrastruktur program Samisade tahap pertama sebanyak 60 persen di 3 Dusun, berupa betonisasi dan drainase.

“Alhamdulillah setelah saya pulang dari ibadah haji anggaran Samisade cair, dan dilaksanakan pengerjaan tahap pertama pada hari ini di 3 Dusun, diantaranya Dusun nol lima dan Dusun nol tujuh betonisasi jalan lingkungan, serta Dusun nol empat pengerjaan drainase,” ucap H. Udin Saputra.

Lebih lanjut H. Udin Saputra juga menyampaikan, dengan adanya Samisade ini bisa membangun infrastruktur yang tidak tercover oleh sumber dana lain, karena masih banyak jalan-jalan di Desa yang panjang dan lebar rusak.

“Kalau Samisade dengan anggaran 1 milyar itu bisa tercover. Tapi kalau dengan dana Desa, dan dengan banyaknya jalan yang besar tidak akan tercover,” ungkap H. Udin Saputra.

Kemudian H. Udin Saputra berharap, siapa pun nantinya yang bakal menjadi Bupati Bogor, program Samisade tidak dihilangkan, harus terus dilanjutkan, agar bisa memaksimalkan pembangunan infrastruktur di Desa untuk kepentingan masyarakat.

“Saya juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bogor program Samisade ini terus dilanjutkan. Siapa pun nanti yang akan jadi Bupati Bogor, termasuk yang akan menjadi Pejabat sementara nanti. Program ini sangat baik dan harus terus dilanjutkan. Mudah-mudahan programnya bukan hanya terpacu pada insfrastruktur, tapi bisa digunakan untuk membangun kantor Desa dan yang lain,” pungkas H. Udin Saputra.

(Deni)