by

Eks Teroris Jaringan NII Cabut Ba’iat Dan Nyatakan Setia ke NKRI, Kapolda Sumbar Apresiasi

Berita Jakarta, Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Teddy Minahasa mengapresiasi eks teroris jaringan Negara Islam Indonesia (NII) di Sumbar lantaran mencabut ba’iat. Eks teroris tersebut kembali menyatakan kesetiaannya kepada NKRI.

“Tenggang waktu yang saya berikan sampai 20 Mei, Alhamdulillah sebelum sampai 20 Mei seluruhnya telah cabut ba’iat,” ucap Teddy usai menghadiri prosesi cabut ba’iat massal dan pengucapan sumpah setia Jilid III kepada NKRI di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Kamis (12/5/2022).

Lebih lanjut, Teddy menyebut jumlah eks teroris anggota NII yang diketahui Polri berjumlah 1.157 orang. Bertambah 32 orang dari temuan sebelumnya.

Adapun rinciannya di Kabupaten Dharmasraya, sebanyak 391 orang, di Kabupaten Tanah Datar 518 orang, dan dari daerah lain 225 orang.

“Seluruhnya yang sudah melakukan cabut ba’iat sejumlah 1.134. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya seluruh anggota NII yang telah sadar tanpa dipaksa paksa menyatakan setianya kepada NKRI,” kata Teddy.

Teddy mengatakan, para eks teroris NII nantinya akan dibina, diawasi, dan dimonitoring bersama stakeholder terkait. Teddy pun menyebut Polri juga memiliki tanggung jawab moral dalam hal ini.

“Tugas kita para stakeholder tidak selesai sampai disini, kita tetap memiliki tanggung jawab moral. Kita harus menjadi garda yang terdepan dalam mencegah dan menangkal segala bentuk paham radikal yang merongrong kesaktian Pancasila dan mengganggu keutuhan NKRI,” ujarnya.

“Itu menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama seluruh elemen bangsa,” pungkas Teddy.

Relhupolri