by

Ketua Dekranasda Karo Ikuti Rakernas Dekranas 2019 di Jakarta

Berita Karo.OLNewsindonesia,Selasa(10/09)

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Karo, Ny Sariati Terkelin Brahmana menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas tahun 2019 di lantai 16 Gedung Serba Guna Jenderal AH Nasution, Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Selasa, (10/09) 2019.

Rakernas yang dibuka oleh Mufidah Jusuf Kalla serta dihadiri mantan Presiden Megawati Soekarno Putri, Ketua Dekranasda Sumatera Utara bersama Ketua Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia yang digelar selama satu hari. Dan pada hari berikutnya, digelar Pameran Karya Nusantara (Kriyanusa) tahun 2019 yang dimulai dari 11 – 15 September 2019 di Balai Kartini Jakarta.

Melalui Rakernas ini, Sariati Terkelin Brahmana menjelaskan, kita akan singkronkan antara program pusat dan daerah, semoga para pengrajin khususnya di Kabupaten Karo dan dapat bersaing dipasaran, ujarnya seraya menyebutkan tema yang diangkat adalah peningkatan saing produk kerajinan melalui pengembangan kreatifitas dan kewirausahaan.

Lebih jauh, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Karo, Ny Sariatii Terkelin Brahmana mengatakan, pihaknya juga bersinergi dengan Dekranasda Provinsi Sumatera Utara dalam peningkatan kualitas dan pemasaran produk kerajinan daerah Kabupaten Karo.

Ket Foto : Ketua Dekranasda Kabupaten Karo, Ny Sariati Terkelin Brahmana menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas tahun 2019 di Jakarta Selasa (10/09) 2019.
Ket Foto : Ketua Dekranasda Kabupaten Karo, Ny Sariati Terkelin Brahmana menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas tahun 2019 di Jakarta Selasa (10/09) 2019.

“Rakernas ini media menambah wawasan bagi Dekranasda Kabupaten Karo dalam membina usaha kecil menengah (UKM) para pengrajin. Sehingga, produk kerajinan yang dihasilkan lebih berkualitas, memiliki nilai tambah, dan dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional,” kata Sariati melalui keterangan tertulisnya.
“Selain Rakernas Dekranas, Sariati Terkelin Brahmana menambahkan, pihaknya juga menghadiri pameran Kerajinan Kriyanusa, sebagai memfasilitasi pengrajin dalam mempromosikan dan memasarkan hasil kerajinan dari daerah kita,”ucapnya.

Intinya, Dekranasda Kabupaten Karo akan selalu berusaha dapat mendorong pelaku industri kerajinan, agar mampu bersaing. Tak kalah penting kita harus mampu berperan dalam meningkatkan daya saing UMKM serta ekonomi kreatif, melalui peningkatan kuantitas dan kualitas produk,” ucapnya.

Pameran Kriyanusa bertujuan meningkatkan rasa cinta dan bangga masyarakat Indonesia akan produk kerajinan Indonesia. “Disamping itu, Kriyanusa juga menjadi ajang pembelajaran bagi para pengrajin daerah untuk dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas produk-produk yang dipamerkan,” ujar Sariati Terkelin Brahmana.

Terpisah, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan, Pemkab Karo wajib dukung penuh setiap kegiatan Dekranasda, karena itu adalah bagian dari memajukan pembangunan di daerah kita.
“Saya yakin dan percaya jika semua pemangku kepentingan memiliki visi yang sama, kerajinan kita akan lebih maju,” jelasnya.

Karena pada dasarnya produk hasil produk daerah memiliki manfaat ganda, pada satu sisi merupakan upaya untuk melestarikan warisan budaya leluhur kita sesuai semangat kearifan lokal, pada sisi lain hal tersebut merupakan upaya untuk menumbuhkan kegiatan ekonomi kerakyatan,” ujar Bupati.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.