by

Bupati Karo Minta Bonus PGE Untuk Perbaikan Infrastruktur Desa Semangat

Berita Karo.OLNewsindonesia,Jum’at(10/05)

Pasca banjir bandang sebulan lalu yang menerjang sekitar PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) area Sibayak di Desa Semangat Gunung Kec. Merdeka, sehingga Pemda Karo mengajukan permintaan bonus produksi kepada Pimpinan PT Pertamina Geothermal Energi Sibayak , sejak beroperasi tahun 2015 sebagai usaha komersil.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, membenarkan pihaknya ada mengajukan permintaan bonus produksi,ke pihak PGE (Pertamina Geothermal Energi ) dengan maksut bonus ini akan kita gunakan perbaikan pembangunan infrastruktur, di Desa Semangat Gunung, sehabis bencana alam bulan April 2019 lalu, ” sebutnya.

Sebelumnya, sudah kita instruksikan kepala Bappeda Karo untuk mengajukan surat permintaan , sebab sejak tahun 2015 setahu saya PGE beroperasi, wajar lah! kita minta bonus untungnya demi kepentingan masyarakat.

Ket foto  : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi dan Ajudan Bupati T. Sembiring saat Berbincang bersama pihak PGE Pusat  di Lobi Kantor PGE di Jakarta Pusat , Jumat (10/05) 2019
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi dan Ajudan Bupati T. Sembiring saat Berbincang bersama pihak PGE Pusat di Lobi Kantor PGE di Jakarta Pusat , Jumat (10/05) 2019

Sebab, kita sudah kordinasi dengan manager PGE yang berkedudukan di Desa Semangat Gunung Ryan Dwi Gustriandha, beliau tidak keberatan yang penting ada surat kita, makanya kita buatkan agar diteruskan ke PGE pusat permintaan Pemda Karo tersebut.

Dan ternyata, hasil surat kita direspon dan ditindaklanjuti oleh kantor pusat PGE yang berkedudukan di Jl. MH. Thamrin No. 9 Menara Cakrawala Lt. 11 Jakarta Pusat, dengan memberikan informasi agar Pemda Karo dapat datang ke kantor pusat untuk membahas permintaan bonus tersebut, “tuturnya.

Selanjutnya,Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi, memenuhi undangan pihak PGE Pusat di Jakarta Pusat dan langsung disambut oleh direktur operasi Eko Agung Bramantyo, Jumat (10/05) 2019 pukul 12.00 WIB di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan tersebut, direktur operasi Eko Agung Bramantyo berjanji akan merealisasikan permintaan Pemda Karo tersebut asalkan PGE dapat dioperasikan kembali melalui PT Dizamatra Powerindo.

Menurutnya, PGE beroperasi mulai tahun 2015, sedangkan 2016 – 2019 sampai sekarang tidak lagi beroperasi, sebab mesin PT Dizamatra Powerindo rusak, belum dapat dipergunakan, sehingga usaha tersendat sekarang, ” ujarnya.

Hal ini penyebab kami belum dapat memberikan bonus ke Pemda Karo saat sekarang ini sesuai Peraturan Menteri , sejak 2016 s/d sekarang, sedangkan bonus tahun 2015 diakuinya telah ditransfer ke RKUD (rekening kas umum daerah) tanggal 9 Januari 2018 ke Bank Sumut, ” ucapnya.

Sementara Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi mengatakan benar surat sudah kita layangkan ke pihak PGE sesuai surat Bupati Karo nomor 005/1718/DLH/2019 tanggal 03 Mei 2019 perihal permintaan bonus produksi kepada pimpinan PT.Pertamina Geothermal Energi Sibayak.

Mudah mudahan setelah pertemuan dengan pihak direktur operasi tadi, kedepan mereka akan berjanji, untuk memberikan bonus, namun demikian pihak PGE minta bantuan Pemda Karo, supaya tetap ikut melobi instansi Kementrian lain, agar PT Dizamatra Powerindo dapat kembali beroperasi kembali di PGE Desa Semangat Gunung, ” tutur Sianturi.

Menyahuti itu, Sianturi menyebutkan segera Bupati Karo akan menjumpai Kemenkomaritim melalui Deputi Kordinasi Bidang Infrastruktur Ridwan Jamaluddin, agar Deputi bisa menyelesaikan dan memfasilitasi agar PGE dan PT Dizamatra Powerindo, dapat beroperasi kembali, ” jelasnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.