by

Terkelin Sebut Dihari Ultah LVRI : Hanya Ada Dua Makan Pahlawan

Berita Karo.Olnewsindonesia.Jumat(09/04/21)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH bareng ibu Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang kompak berikan bingkisan/kado penghargaan kepada perwakilan Legiun Veteran Republik Indonesia, Kab. Karo dalam rangka memperingati hari ulang tahun (Ultah) LVRI ke 64 tahun, Jumat pagi (09/04) 2021 di Pendopo rumah dinas Bupati, jalan Veteran, Kabanjahe.

Terkelin menyebutkan, sangat terharu, bila melihat sosok LVRI Kab. Karo, sebab kita tahu dalam bidang apa pun untuk menggapai sesuatu butuh pengorbanan dan perjuangan, baik dalam skala besar maupun kecil. Hal seperti ini telah dialami dan dirasakan oleh LVRI Kab. Karo, ketika berjuang untuk merebut kemerdekaan tanpa pamrih. Ada yang gugur muda. Sebagian bernama, yang lainnya gugur dan tak dikenal, adalah bukti kegigihan para Pahlawan yang gugur sebagai Kusuma Bangsa.

Merujuk perjuangan tersebut, maka Makam Pahlawan di Kab. Karo ada, selain di Surabaya. Hanya dua Makam Pahlawan di Indonesia,kata Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH sembari menyerahkan kado bingkisan penghargaan kepada perwakilan LVRI.

Ket foto : Tampak Bupati dan wakil Bupati Karo saat memberikan Kue kepada para Vetran Kabupaten Karo saat diacara HUT LVRI ke 64 di Pendopo Pemkab Karo, Jum'at (09/04) 2021 (Ist)
Ket foto : Tampak Bupati dan wakil Bupati Karo saat memberikan Kue kepada para Vetran Kabupaten Karo saat diacara HUT LVRI ke 64 di Pendopo Pemkab Karo, Jum’at (09/04) 2021 (Ist)

Sementara wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menambahkan tanpa ada perjuangan LVRI di Tanah Karo, kita tidak bisa mengalami kemerdekaan seperti sekarang ini. Saya bangga, saya hargai, saya salut untuk kehadiran LVRI, di Tanah Karo, perjuangan saudara tetap kami ingat dan menjadi proyeksi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” terangnya.

Dikesempatan acara, Perwakilan LVRI Kab. Karo, Randan Ginting, Raja Meriah Sitepu, Muhtar Sembiring mengisahkan sedikit tentang sekilas perjuangan mereka dalam merebut Kemerdekaan, khususnya di Tanah Karo.

Sejarah mencatat, LVRI Kab Karo dalam memperjuangkan kemerdekaan telah membayar dengan harga yang sangat mahal. Kemerdekaan tidak diperjuangkan dalam cahaya yang terang benderang, tapi di tengah deru mesin, letusan senapan dan dentuman meriam yang telah menggugurkan sejumlah kesatria dan telah menyebabkan sejumlah anak kehilangan ayah dan ibu,” dikisahkannya.

Bila kita kembali mengingat dan merenungkan jasa para Pahlawan Kemerdekaan, suasana Ulang tahun LVRI ke 64, sangat mengharukan hati, sebab banyak seperjuangan kami telah gugur duluan, dalam menghadapi penjajah baik masa penjajahan Belanda dan Jepang (heiho),”sebutnya.

Diakhir acara, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Dandim 0205/TK diwakili Mayor Inf J. Barus, Kapolres Tanah Karo diwakili Kompol Aruan T Siahaan, Staf ahli Bupati Agustin Pandia, saksikan peniupan lilin dan pemotongan kue tumpeng Ultah, diiringi musik dan lagu, selanjutnya kue diberikan kepada perwakilan LVRI.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed