by

Banjir Hantam Rumah Warga Di Gang Jambu, PBB Gerak Cepat Beri Bantuan

Berita Karo.OLNewsindonesia.(08/03/2022)

Tingginya curah hujan yang tak menentu akhir akhir ini di Kabupaten Karo sangat mengkhawatirkan bagi warga masyarakat yang memiliki Rumah ataupun tempat tinggal di area rawan banjir ataupun longsor, seperti yang terjadi di Kabanjahe persis nya bagi warga gang Jambu jalan Katepul Lau Pinggan Bawah Kelurahan Gung Negeri Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo, kemarin malam, Senin (07/03.2022) diterjang banjir dan longsoran material batu dan tanah yang merusak salah satu Rumah penduduk.

Adapun kejadian longsor tersebut berawal dari turun nya hujan sejak sore hingga malam terjadinya longsor pada pukul 20.10 WIB yang menerjang beberapa Rumah warga di gang Jambu yang terkena imbasnya, sehingga pemilik Rumah sempat panik melihat Air bercampur Tanah menerjang rumah mereka yang hampit setinggi 1 meter itu.

Diantara pemilik Rumah yang terdampak Longsor itu yakni Adi Suhendra (32) Candra Leony Malau, (37) dan Januaris Marpaung (47), dan beberapa Rumah warga lainnya. Dimana rumah mereka di terjang banjir yang disertai Tanah lumpur memasuki rumah mereka, bahkan pemilik salah satu rumah atas nama Adi Suhendra, pintu dapur rumah nya jebol diterjang Material Tanah dan merusak merusak Atap dapur Rumahnya dan mengenai seisi peralatan dapur milik Suhendra.

Atas kejadian longsor tersebut salah satu Ormas Sosial yang ada di Kabupaten Karo yakni Pemuda Batak Bersatu (PBB) yang di Komandoi Andreas Tarigan, melalui Panglima DPC PBB Kabupaten Karo, Madan Siregar dan Korlap DPC PBB Karo, Lambok Hutasoit serta beberapa anggota lainnya langsung turun kelokasi kejadian dengan memberikan bantuan tenaga dengan membersihkan sisa sisa material longsoran dan sekaligus berjaga-jaga untuk mengantisipasi banjir ataupun longsor susulan.

Menurut salah satu warga Candra Leony Malau yang juga Danprov DPC PBB Karo menerangkan ke Wartawan kalau kejadian longsor ini, pertama kali kami alami di sini dan kemungkinan Air datang dan meluap dari saluran Air ataupun drainase di jalan Katepul itu tidak ada. Kita harapkan agar pemerintah terkait, iya…membuatkan parit dan beronjonglah agar tidak terulang kembali kejadian seperti ini,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPC PBB Karo Andreas Tarigan melalui Panglima DPC PBB Karo, Madan Siregar, dihubungi Selasa pagi (08/03.2022) mengatakan,” begitu kita mendapat laporan dari warga gang Jambu, kita langsung bergerak cepat kelokasi memberikan bantuan apa yang bisa kami bantu terhadap warga yang terkena longsoran tersebut, dan kita bahu membahu membersihkan sisa material akibat Banjir yang melanda beberapa rumah warga tersebut,” katanya.

Lanjutnya lagi,” mengingat intensitas hujan di daerah kita yang tidak menentu ini, alangkah baiknya Pemerintah atau pihak pihak terkait lebih memperhatikan daerah-daerah perumahan yang rawan banjir ataupun yang rawan longsoran, baiknya Pemerintah setempat lebih tanggap mengantisipasinya, apalagi disaat situasi musim penghujan, kita sudah ada pengalaman yang serupa terjadi di beberapa waktu lalu, jadi ini sebagai pengalaman kedepannya jangan lagi terulang,” pintanya seraya menyampaikan kepada warga agar selalu berhati-hati dan tetap waspada saat musim hujan.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.