by

Terkait Rancangan Anjungan Cerdas,Bupati Karo Studi Banding Ke Jembrana

Tanah Karo,Olnewsindonesia,Kamis(08/02)

Kepala Badan Pengembangan Infratsuktur Wilayah (BPIW), telah menindaklanjuti kunjungan kerja Bupati Karo Terkelin Brahmana, sebelumnya (8/1/2018) guna diteruskan ke kabupaten Jembrana Provinsi Bali sebagai rencana  studi banding terkait Anjungan cerdas Rambut Siwi Kab.Jembrana.

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Ny.Terkelin Brahmana, Thomas Joverson Ginting anggota DPRD Karo,  Kepala PU PR Ir.Paten Purba, Kepala Bappeda Nasib Sianturi,Msi , Bartolemeus Barus Kabid Bappeda Kab.Karo, Hendra Mitcon Purba Staf PU PR Kab.Karo ,study banding kedesa Yeh Embang Kangin.Kec.Yeh Embang Kab.Jembrana Prov Bali.

Kunjungan Bupati Karo bersama rombongan ke Kab. Jembrana disambut oleh Kasubid Sarana Prasarana T.Sony Marmayudha,ST  sesuai adanya rencana Kementrian Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun rest area seperti yang dikembangkan dengan nama Anjungan Cerdas.

Anjungan Cerdas ini dapat berfungsi untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas dan juga sebagai tempat wisata,

“Inilah salah satu Tujuan Pemda Karo melaksanakan Study banding agar Pemda Karo dapat menerapkan sistem ,bentuk dan tata cara pengelolaan anjungan cerdas yang akan dibangun di Gajah Bobok Kec.Merek Kab.Karo, ini perlu kita lihat sebagai perbandingan kedepan untuk masukan karena   Pemda Jembarana sudah dikerjakan duluan oleh pemerintah pusat,” Ucap Terkelin Brahmana dalam Siaran Persnya

Beliau juga mengatakan bahwa Anjungan Cerdas merupakan bagian dari pengembangan wilayah. Ada wilayah-wilayah pertumbuhan yang di dalamnya ada pusat-pusat pertumbuhan seperti kawasan Danau Toba. Wilayah-wilayah tersebut kemudian dihubungkan dengan jalan-jalan utama seperti jalan nasional dan disitulah lokasi prioritas Anjungan Cerdas akan Dibangun kan.

Menurut Terkelin, Anjungan Cerdas memiliki beberapa fungsi yaitu seperti mengurangi kecelakaan lalu lintas yang  Kemudian dapat menunjang  lewat jalan nasional bisa menemukan produk-produk lokal dan souvenir nuansa  kearifan lokal.

Anjungan Cerdas tersebut, bisa menjadi Gardu Pandang untuk melihat pemandangan Tongging, gajah bobok,Danau Toba sekitar.” Serta dapat dijadikan sebagai tempat wisata dengan fasilitas penunjang seperti wifi dan lainnya, akan kita usahakan tersedia nantinya, di lahan seluas 3-5 hektar,” Katanya

Hari ini kata Bupati Karo,  kita memiliki kesempatan untuk belajar dari Kab.Jembrana dalam mengembangkan sebuah tempat persinggahan di jalan nasional atau yang disebut Rest Area , Bupati Karo pun berharap kerjasama tersebut dapat memberikan pengetahuan dan solusi berdasarkan penelitian, peningkatan teknologi, rekomendasi, dan  terintegrasi, dan berkelanjutan untuk mendukung ekonomi dan kesejahteraan Masyarkat Kab.Karo Khususnya.

(Dasa)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.