by

Bupati Karo Perintahkan Kadis PUPR Perbaiki Jalur Alternatif Mengantisipasi Kemacetan Di Simpang Pajak Roga

Tanah Karo.Olnewsindonesia,Kamis(07/06)

Jelang arus mudik lebaran tahun 2018 yang hanya menunggu hitungan hari hari lagi, dimana ancaman kemacetan Simpang Pajak Roga Jalan Letjen Jamin Ginting Berastagi, mendapat perhatian khusus Bupati Karo. Pasalnya, pajak Roga yang menjadi sentra pasar hasil-hasil produk pertanian seputaran kota Berastagi belakangan ini kerap kali menimbulkan macat yang cukup parah di jam-jam tertentu.

Mengantisipasi kemacetan arus lalulintas Simpang Pajak Roga di jalan lintas Kabanjahe Berastagi tersebut , Bupati Karo Terkelin Brahmana SH langsung turun ke lapangan, kamis (07/06), meninjau kerusakan jalan alternatif sepanjang sekitar 100 meter di desa Gurusinga Kecamatan Berastagi, sepulang dari desa Doulu. Kerusakan tersebut ditenggarai penyebab enggannya mobil-mobil pengangkut hasil-hasil pertanian dari sejumlah pedesaan melewati jalur alternatif yang telah disediakan Pemkab Karo.

Ket foto : Bupati Karo bersama Kadis PUPR memantau jalan alternatif yang rusak kamis (07/06)
Ket foto : Bupati Karo bersama Kadis PUPR memantau jalan alternatif yang rusak kamis (07/06)

Tak pelak lagi simpang Pajak Roga menjadi sumber kemacetan parah setiap hari, mulai dari pukul 14.00 WIB siang sampai petang hari, akibat jalur alternatif tidak dapat difungsikan secara maksimal. Akibatnya, kemacetan tidak dapat dihindarkan di simpang Pajak Roga jalan Letjen Jamin Ginting, Berastagi.

Setelah melihat kondisi kerusakan jalan sepanjang sekitar 100 meter, di kawasan tanah milik Pertamina, tepatnya persimpangan desa Guru Singa dengan komplek Perumahan Korpri, Bupati Karo didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Gelora Fajar Purba, SH, MH memerintahkan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karo, Ir Paten Purba untuk melakukan perbaikan.

“Secepatnya kerusakan jalan ini diperbaiki, besok (Jumat, 08/06) harus sudah dikerjakan. Paling tidak 2 – 3 hari sebelum hari” H” Lebaran, kerusakan ini sudah siap diperbaiki, sehingga mobil-mobil pedesaan pengangkut hasil sayur mayur maupun ekspedisi sayur mayur sudah bisa melintasi jalur alternatif ini,” tegas Bupati Karo.

Demikian hal nya juga dengan Camat Berastagi Mirton Ketaren, agar bekerjasama dengan Dinas PUPR, disamping perbaikan, sepanjang jalur alternatif ini agar dibersihkan di kiri kanan bahu jalan. Babat semua rumput ilalang yang sudah merambah ke badan jalan, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan.

“Saya harapkan, besok sudah mulai dikerjakan. Perhatikan juga lampu penerangan jalan umum (LPU), mana bolanya yang putus agar diganti. Akses jalan alternatif menuju Pajak Roga ini sangatlah penting bagi warga mengangkut hasil-hasil pertaniannya,” ujar Terkelin Brahmana.

Jalan alternatif dimaksud adalah akses jalan dari pasar Roga Berastagi yang keluar masuknya dapat melalui jalan Udara Berastagi dan Simpang Korpri. Hal ini penting dilakukan mengingat pasar tradisional Roga merupakan salah satu pusat transaksi produk hortikultura di Kabupaten Karo dan kemacetan di jalan Jamin Ginting Kabanjahe-Berastagi dapat segera diatasi, tutur Bupati Terkelin Brahmana.

Masih dalam kesempatan Itu juga , Bupati Karo Terkelin Brahmana meminta Kepala Dinas Perhubungan, Gelora Fajar Purba, begitu kerusakan jalan sudah siap dikerjakan Dinas PUPR, agar langsung difungsikan.

Menyikapi arahan Bupati Karo, Kepala Dinas PUPR, Ir Paten Purba dan Kadis Perhubungan Gelora Fajar Purba mpengaku akan menjalankan instruksi Bupati Karo.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.