by

PKT Kebun Raya – LIPI,Study Banding Kelayakan Ke Kebun Aek Natonang Samosir

Berita Samosir.Olnewsindonesia,Senin(06/08)

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan(PKT) Kebun Raya LIPI, Didik Widiyatmoko didampingi Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM bersama beberapa OPD melakukan study kelayakan lokasi dan audensi ke Kebun raya Aek Natonang, kecamatan Simanindo Samosir Sumatera Utara.

Study kelayakan lokasi dan audensi ini dilakukan sebagai tindak lanjut kerjasama antara pemkab Samosir dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), untuk menjadikan Aek Natonang menjadi bagian dari kebun raya Samosir.

Foto : Bupati Samosir dan PKT Kebun Raya LIPI bersama OPD Samosir, tinjau Kebun Raya Aek Natonang Simanindo Samosir
Foto : Bupati Samosir dan PKT Kebun Raya LIPI bersama OPD Samosir, tinjau Kebun Raya Aek Natonang Simanindo Samosir

Rencananya, kebun raya Aek Natonang Samosir ini akan menjadi kebun raya unggulan, dikarenakan memiliki danau yang luas serta pemandangan yang bagus dan indah.

Melihat bentuk tanah dan jenis tumbuhan, Didik Widiyanto menyampaikan kepada pihak pemkab Samosir untuk melakukan penanaman pohon endemis karena modal utama kebun raya adalah jenis tanamannya.

Kebun Raya Aek Natonang ini memiliki luas 105 Ha, luas daratan 65 ha, dan luas perairan 40 Ha. Perihal pengalihan tanah nya diserahkan kepada pemkab Samosir untuk disertifikasi, selanjutnya dilakukan proses perencanaan dan study kelayakan (Amdal).

Pada kesempatan yang sama, Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon menyampaikan kepada LIPI untuk bekerjasama dan membantu Pemkab Samosir untuk mewujudkan terbentuknyan Kebun Raya Aek Natonang di Kabupaten Samosir. Nantinya kebun raya ini juga akan menjadi tempat konservatif tumbuhan, dan juga mendukung pariwisata di Samosir, apalagi dengan ditetapkan oleh Presiden Jokowi bahwa Danau Toba sebagai kawasan Pariwisata strategis Nasional, ucap Bupati.

Foto : Bupati Samosir Dan Kepala PKT Kebun Raya LIPI berfoto bersama di Aek Natonang Kebun Raya
Foto : Bupati Samosir Dan Kepala PKT Kebun Raya LIPI berfoto bersama di Aek Natonang Kebun Raya

Ditambabkannya, bahwa pemkab Samosir berjanji akan mendukung secara serius pembentukan Kebun Raya ini, dan nantinya akan dianggarkan perencanaannya di P- APBD 2018, tetapi masih memohon bantuan dari pusat karena keterbatasan anggaran kabupaten, katanya.

Turut hadir dan mendampingi Bupati Samosir, Kepala Bappeda Rudi Siahaan, Kadis Pertanian Erkanus Simbolon, Inspektur Waston Simbolon, Kadis Pariwisata Ombang Siboro, Kadis Lingkungan Hidup Sudion Tamba, Kadis PU Pantas Samosir, Kadis Dukcapil Lemen manurung, Kadis Perizinan Resman Simbolon.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.