by

Tim UPP Saber Pungli Provinsi Sumatera Utara Gelar Suvervisi Di Kab. Karo

Berita Karo, Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Sumatera Utara melaksanakan suvervisi untuk melakukan pengecekan sejauh mana persiapan dan pelaksanaan Kabupaten Karo bebas Pungli. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat Bupati Karo pada Selasa (05/04.2022) sekira pukul 09.30 WIB.

Adapun jenis pelayanan publik yang ada di daerah dan rawan pungli yaitu :

  1. Pelayanan Administrasi Kependudukan antara lain; pembuatan KTP, Paspor, Akte Lahir, Surat Nikah dan Surat Kematian.
  2. Pelayanan Administrasi Bidang Agraria diantaranya; Penerbitan Sertifikat Tanah dan Hak Guna Usaha.
    3.Pelayanan Administrasi Bidang Transportasi antara lain; Izin Pelayaran, Izin Angkutan dan Izin Trayek.
    4.Pelayanan Birokrasi Pemerintahan Daerah antara lain; Penerbitan SIUP, SITU, IMB dan Izin Pertambangan Izin Perkebunan.
    5.Pelayanan Administrasi Kendaraan Bermotor Meliputi Penerbitan SIM, STNK dan BPKB,
    6.Pelayanan Administrasi Pendidikan Meliputi PPDB, Ijazah, Legalisir dan BOS.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Mulianta Tarigan,S.Sos menyampaikan supaya pemerintah daerah bersinergi dan berkomunikasi dalam kegiatan Saber Pungli dan berharap di tahun 2022 ini perencanaan Kabupaten Karo mengenai Saber Pungli adalah tugas bersama sehingga Kabupaten Karo bisa bersatu padu untuk dapat menjadi lebih baik kedepannya.

Ketua Saber Pungli Kab.Karo, Kompol. Aron Tamba Tua Siahaan, SH juga menyampaikan agar kegiatan UPP Saber Pungli ini dapat berjalan dengan baik dan kedepannya bisa diperbaiki lagi.

Pokja Ahli UPP Saber Pungli Prov.SU, Dr. Haslinda, S.Sos., M.I.Kom dalam paparan materinya menyampaikan 5 bidang pedoman penilaian kota bebas Pungli meliputi ; bidang SDM yaitu terdapat database kepegawaian berbasis IT yang dimana membuat aplikasi website kepegawaian, bidang Operasional terlaksananya kegiatan sesuai program kerja yang disusun, bidang Sarana dan Prasarana yaitu terdukungnya alat komunikasi, bidang Penganggaran yaitu tersedianya anggaran yang memadai serta tertibnya pertanggung jawaban keuangan dan bidang Inovasi Kreasi yaitu terdapatnya banyak inovasi kreatifitas dalam menggelorakan Saber Pungli.

Dalam pertemuan UPP tersebut juga turut dihadiri oleh, Sekretaris Pokja Intelijen Polda Sumut, Esron Sianturi, Pewakilan Kejaksaan Negeri Karo, Halfous Hangoluan Samosir, Kepala Dinas Dukcapil Kab.Karo, Susy Iswara Bangun, S.E., M.Si dan tamu undangan lainnya.

(David )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *