by

SMPN 1 Citeureup Terapkan Kurikulum Merdeka Dengan Beberapa Projek Dan Tema

Berita Citeureup, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Citeureup sudah menerapkan Kurikulum Merdeka di tahun 2022 pada murid kelas 7. Penerapannya Kurikulum Merdeka terdiri 75% Kegiatan Pembelajaran dan 25% Kegiatan Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kepala Sekolah SMPN 1 Citeureup M.Taryana S.Pd, MM, mengatakan bahwa Penerapan Kurikulum Merdeka sudah dimulai dan diterapkan untuk kelas 7 di tahun ini.

“Penerapan Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Citeureup pada tahun ini kita sudah melaksanakannya pada tahun ini untuk kelas 7. Sedangkan untuk kelas 8 dan 9 masih menggunakan Kurikulum 2013. Kelas 7 kita sebagai sekolah Penggerak angkatan ke dua,”ucap Kepsek SMPN 1Citeureup tersebut, Rabu (5/10/2022).

Dalam penerapan Kurikulum Merdeka tersebut SMPN 1 Citeureup sudah berjalan 1 semester dan sudah melaksanakan pembelajaran pada titik baru.

“Kemudian ditambah dengan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, jadi di Kurikulum baru ini, Kami melaksanakan 75% kegiatan Pembelajaran dan 25% Kegiatan Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila,”jelasnya.

Mengacu pada Kurikulum Merdeka tersebut SMPN 1 Citeureup melaksanakan Projek-Projek dengan beberapa Tema, diantaranya Tema Suara Demokrasi, Wirausaha, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Eka, dan Lingkungan.

Kepsek juga menjelaskan bahwa dalam Projek-Projek dengan beberapa tema tersebut siswa-siswi menemukan keahlian dan keterampilannya sendiri dari berbagai hal yang diikutinya.

“Makanya di Kurikulum Baru itu sebelum dibagi kelas kita akan adakan tes diagnostik, tujuannya untuk mengukur IQ, Tipe pembelajaran, dan auditorin,”tutur Taryana.

Harapannya siswa-siswi bisa belajar lebih aktif dengan kemampuan yang dipelajarinya sesuai dengan karakter pembelajarannya di Kurikulum Merdeka ini.

Riyan