by

Kerinduan Warga Binaan Rutan Kabanjahe Kepada Keluarga Segera Terobati

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas IIB Kabanjahe menggelar sosialisasi terkait Layanan kunjungan terbatas bagi warga binaan Rutan Kabanjahe, Senin (04/07.2022) pada pukul 09.00 WIB.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan sebagai tindak lanjut Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022. yakni, tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar tanggal 30 Juni 2022.

Sangapta Surbakti selaku Karutan Kabanjahe mengatakan, kegiatan kunjungan ini masih tetap memperhatikan protokol kesehatan serta menyesuaikan kapasitas ruang kunjungan Rutan Kabanjahe. Mekanisme kunjungan juga akan diatur sesuai dengan ketentuan.

Yang mana ketentuan tersebut adalah :

  1. Pengunjung merupakan Keluarga inti dari Narapidana/Tahanan/Anak.
  2. Setiap Narapidana/Tahanan/Anak hanya mendapatkan kesempatan menerima kunjungan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) minggu pada jam kerja. Durasi kunjungan 2 jam dan jumlah antrian hanya 20 orang tiap sesi kunjungan (Pagi/Siang).
  3. Pengunjung telah menerima vaksin ketiga yang dibuktikan dengan aplikasi Peduli Lindungi atau sertifikat vaksin;
    vaksin secara lengkap, wajib menunjukkan rapid/swab antigen dengan hasil negatif atau surat keterangan tidak dapat menerima vaksin karena alasan kesehatan dari dokter instansi pemerintah.
  4. Bagi Narapidana/Tahanan/Anak yang belum vaksin, kunjungan dilaksanakan secara virtual.
  5. Kunjungan bagi Tahanan Dewasa/Anak, diberikan setelah mendapatkan izin dari pihak yang menahan dan wajib memenuhi syarat No. 3 dan 4.

Karutan menambahkan, kegiatan kunjungan ini juga membutuhkan dukungan dari Warga Binaan demi suksesnya pelaksanaan kegiatan ini. Sehingga kerinduan berjumpa dengan keluarga dapat terobati.

“Saya minta kepada seluruh warga binaan untuk dapat menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Rutan, karena situasi aman dan tertib yang tercipta juga terdapat peran serta Warga Binaan,” harap Karutan tersebut.

Untuk diketahui, dalam mempersiapkan kunjungan luring terbatas ini, Rutan Kabanjahe telah menyiapkan perangkat Sistem Database Pemasyarakatan. Kemudian melakukan simulasi kunjungan guna memastikan semuanya aman dan terkendali.

Kembali dibukanya kunjungan secara terbatas ini sebagai wujud komitmen dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.Terutama dalam memberikan pelayanan Pemasyarakatan yang semakin PASTI dan tetap melakukan koordinasi dengan Satgas Covid di masing-masing daerah.

( David – H, Rukaja )