RSUD Kebayoran Lama Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

BERITA, JAKARTA34 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebayoran Lama menggelar rangkaian kegiatan bakti sosial (baksos) di hari jadinya ke-5.

Rangkaian kegiatan baksos yang digelar berupa pemeriksaan gratis IVA test, Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Mamografi di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. UHAMKA.

Direktur Utama RSUD Kebayoran Lama, Yenny nariswari mengatakan, dalam kegiatan ini, pihaknya menggandeng Universitas Prof. Dr. UHAMK dalam pemeriksaan kesehatan gratis.

“Pada acara pamungkas ini kita adakan IVA Test, pemeriksaan PTM dan Mamografi,” ujarnya, Rabu (2/8).

Ia menjelaskan, kegiatan ini menyasar 50 peserta dengan melibatkan 30 tenaga kesehatan (nakes) RSUD Kebayoran Lama dibantu 10 mahasiswa UHAMKA didukung satu unit bus Mamografi.

Yenny menambahkan, kegiatan ini juga dimeriahkan sunatan massal, operasi katarak dan donor darah hasil kerja sama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI).

“Di usia lima tahun ini, kami berharap RSUD Kebayoran Lama dapat berkembang dan memberikan pelayanan yang lebih baik,” ucapnya.

Camat Kebayoran Lama, Iwan Santoso mengapresiasi kegiatan ini karena dapat mendeteksi dini secara mandiri penyakit yang disebabkan kanker.

“Kita bersama kader kesehatan lingkungan juga terus lakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai penyakit-penyakit berbahaya lainnya,” tandasnya.

Perlu diketahui, IVA Test merupakan cara sederhana mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

Sementara PTM jenis penyakit yang tidak bisa ditularkan dari orang ke orang dengan proses perkembangan berjalan lamban.

Sedangkan Mamografi berupa tindakan memeriksa dan mendeteksi berbagai bentuk kelainan payudara seperti kanker payudara, tumor, kista payudara atau penumpukan kalsium.

210