by

Manfaat Olah Raga Catur

Berita Pendidikan,  Media Online News Indonesia (03/03/2019.
Catur dikenal sebagai olahraga yang berkaitan pada perkembangan kemampuan otak seperti konsentrasi dan intelektual tinggi. Otak merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, karena dapat memengaruhi fungsi kerja tubuh baik sadar maupun tidak sadar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bermain catur dapat mencegah pikun bagi yang sudah lanjut usia.
Mungkin tak banyak yang tau. Permainan ini sebenarnya  berasal dari India, sebelum akhirnya dipopulerkan oleh bangsa Eropa pada permulaan abad 19. Jadi bagi Geng Sehat yang gemar bermain catur, berikut manfaat yang dihasilkan.
– Meningkatkan Intelectual Questions
Permainan catur secara sistematis membantu meningkatkan kecerdasan dan intelektual seseorang.
– Meningkatkan Spiritual Questions
Permainan catur juga dapat memengaruhi kecerdasan spiritual seseorang, karena berperan dalam menumbuhkan spirit mental dan motivasi jiwa.
– Memperkuat daya konsentrasi
Setiap langkah dalam permainan catur harus dipikrkan dengan matang sehingga dituntut untuk fokus. Fokus ini dibutuhkan agar dapat keluar dari masalah atau taktik musuh serta melakukan pola serangan yang mampu menyudutkan lawan. Hal ini bagus karena melatih daya konsentrasi dan tetap fokus mencari jalan keluar dan menyelesaikan permainan catur tersebut.
Baca juga: Olahraga Terbaik untuk Otak
– Meningkatkan kreativitas
Bukan hanya konsentrasi yang tinggi, tapi butuh kreativitas juga untuk membayangkan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh pemain maupun lawan. Dengan bermain catur, skill abstraksi ini dapat terbentuk, dan akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
– Melatih berpikir logis
Gerakan dari setiap bidak akan memengaruhi permainan apakah semakin berkembang atau malah menyudutkan. Di saat itulah, dituntut berpikir logis untuk menciptakan langkah yang tepat, karena apabila salah melangkah, permainan tidak akan berkembang.
– Melatih kesabaran
Permainan catur tidak hanya membutuhkan waktu yang sebentar, tetapi butuh waktu berjam-jam dalam bertanding. Kondisi inilah yang membuat para pemain melatih kesabaran mereka, karena dengan kesabaran akan menciptakan langkah-langkah yang tepat.
– Mencegah risiko alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit otak yang biasanya dialami oleh orang lanjut usia. Dengan bermain catur, alzheimer ini dapat dicegah dari awal. Menurut Lord Darzi, seorang pakar di bidang ilmu pembedahan mengatakan, “Setiap orang memiliki risiko terkena penyakit tua. Oleh karena itu, mulai cegah dengan mengubah pola makan, olahraga, dan cobalah permainan yang merangsang otak seperti puzzle ataupun catur.”
– Mempertajam daya ingat
Menurut departemen pendidikan di Negara Moldavia, anak-anak yang mempelajari catur memiliki perbaikan memori dan imajinasi. Karena menjadi seorang yang mudah lupa itu sangat tidak enak.
(Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed