by

Punguan Pomparan Lumban Bosi Pakpahan Se-Dunia Gelar Munas I Di Onan Runggu Samosir

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Organisasi keturunan atau Punguan Pomparan Lumban Bosi Pakpahan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) I selama dua hari (2 – 3 September 2022), bertempat di Sosor batu, Lumban Bosi, Desa Pakpahan, kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir.

Munas I ini akan dihadiri ribuan keturunan Lumban Bosi Pakpahan yang tersebar di Indonesia hingga penjuru dunia dari keturunan 7 opung, yakni DJori Batak, Raja Singal, Buntu Radja, Radja Namora soritaon, Ompu Poelu Nagodang, Radja Parsuratan, dan Ompu Portibi Radja.

Hal ini disampaikan Mayjen TNI (Purn) DR. (HC) Sumiharjo Pakpahan, P. H. D. DMS, salah satu yang dituakan di pomparan punguan Lumban Bosi Pakpahan kepada wartawan, Jum’at (2/9).

Dijelaskannya, setelah enam ratus tahun lebih lamanya Raja Pakpahan, dan Raja Pakpahan Lumban Bosi lahir dan keturunannya merantau kesegala penjuru NKRI dan keseluruh dunia. Namun belum ada parsadaan atau Persatuan pomparan Lumban Bosi Pakpahan.

Oleh sebab itu, tgl 28 Maret 2022 berkumpul lah tua tua yang disebut dengan tim inisiasi dari seluruh pomparan oppu Radja Pakpahan, dibentuklah satu tim yang dituakan untuk mempersiapkan dan melaksanakan berdirinya toga Radja Pakpahan dohot boruna sedunia.

Selanjutnya, di tanggal 3 Mei 2022, tua tua keturunan Lumban Bosi Pakpahan menunjuk tim 13 yang terdiri dari perwakilan DJori Batak, Raja Singal, Buntu Radja, Radja Namora soritaon, Ompu Poelo Nagodang (tidak hadir), Radja Parsuratan (tidak hadir), dan Ompu Portibi Radja, untuk melaksanakan musyawarah nasional pertama pemilihan ketua umum Punguan Pomparan Lumban Bosi Pakpahan dohot boru sedunia.

Sehingga dihari yang baik ini (Jum’at, 2/9) pembukaan munas pertama dan besok (Sabtu, 3/9) pagi jam 08.00 wib, sudah di mulai Munas pertama, dalam rangka memilih dan menentukan ketua umum terpilih dan dilanjutkan dengan deklarasi berdirinya Punguan Pomparan Lumban Bosi Pakpahan untuk periode 2022 – 2027, dan dilanjutkan acara pelantikan ketua umum dengan didahului acara kebaktian rohani dan di akhiri dengan acara adat nagok sian hula hula marga Sitindaon serta tulang marga Manurung.

Pantauan Olnewsindonnesia. Com, acara pembukaan Munas I Punguan Pomparan Lumban Bosi Pakpahan secara resmi dibuka oleh Bupati Samosir, Vandiko Gultom, dan dihadiri Kasdim 0210 TU, Mayor Arh AS. Butar Butar, S.H, Kapolres Samosir, yang di wakili Kapolsek Nenggolan, Iptu Marlan Silalahi, anggota DPRD Taput, anggota DPRD Siantar, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda, Mahasiswa, Serta rombongan dari Medan, Siantar, Kalimantan, Sulawesi, Bandung, Sidempuan, Sibolga, Dumai, Pekan Baru, Palembang, Kisaran, Parapat, Tanjung Balai, Humbahas, Tarutung, Balige, Siborongborong, Sidikalang, Barus, Rantau Prapat, dll.

(JuntakStar)