by

Dilatih Pencegahan Kebakaran Warga RW 02 Cilangkap

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebanyak 40 warga mengikuti kegiatan pelatihan dan simulasi pencegahan penanggulangan kebakaran di Jl Waru RT 04/02 Cilangkap, Cipayung, Selasa (1/11). Kegiatan digagas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Jakarta Timur.

Kasi Pencegahan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Edi Parwoko mengatakan, kegiatan ini menindaklanjuti usulan warga yang diajukan melalui Musrenbang dan surat langsung ke pihaknya. Kegiatan dilakukan di sebuah lahan kosong milik warga yang berada di belakang Pos Kamling RT 04/02 Cilangkap.

Dalam pelatihan ini, lanjut Edi, pihaknya mengedukasi warga ara penggunaan kabel listrik yang aman dan penggunaan instalasi listrik aman. Termasuk juga cara penggunaan kompor gas maupun kompor listrik, agar tidak terjadi kasus kebakaran.

Selain itu, kata Edi, warga juga diajarkan cara memadamkan api menggunakan handuk dan karung basah serta lat pemadam api ringan (APAR).

“Diharapkan warga dapat memahami tentang teknik pencegahan penanggulangan kebakaran, saat api kecil,” katanya.

Sekretaris RW 02 Cilangkap, Misran Arief, mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada jajaran Sudin Gulkarmat Jakarta Timur. Karena dengan adanya pelatihan ini, warga jadi mengetahui cara pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang sebenarnya.

“Pelatihan seperti ini memang dibutuhkan warga. Apalagi di sini juga termasuk pemukiman padat penduduk,” tukas Arief.

Disebutkan, peserta pelatihan berasal dari pengurus RT/RW, LMK, FKDM, kader PKK, Jumantik, Dasawisma hingga tokoh masyarakat setempat.

Jmy