Kol.Inf A,Sitepu,Tidak Hanya Ahli Teknik Tempur,Tapi Ahli Ngeracik Lagu Nasional

Berita Karo.OLNewsindonesia.Kamis(02/09/21)

Kasi Ops Korem 161/Udayana,Kolonel Inf. Agustatius Sitepu, S.Sos, M.Si. yang merupakan Perwira menengah TNI-AD kelahiran 3 Agustus 1975 yang berpengalaman dalam infanteri (Kostrad) ini dikenal sangat rendah hati dan berprestasi dalam mengemban tugas. Sehingga banyak mendapat penghargaan, bahkan bukan hanya dalam bertugas, luar Dinas juga sosok panutan.

Sosok Kolonel Inf. Agustatius Sitepu, S.Sos, M.Si. lahir dan sekolah di Berastagi ini,yang mana sejak bertugas di daerah kelahirannya Tanah Karo Simalem sebagai Komandan Kodim 0205/TK dan Komandan Brigade Infanteri (Brigif) 7/Rimba Raya, Kodam I Bukit Barisan yang bermarkas di Desa Galang Barat, Kecamatan Galang, Deli Serdang hingga saat ini banyak masyarakat termotivasi oleh sosok mengayomi yang patut dicontoh.

Prestasi lainnya yang diapresiasi masyarakat yakni jiwa seninya dalam menciptakan berbagai lagu. Mulai dari lagu daerah yang dipadukan dengan aransemen musik tradisional dan rohani hingga lagu bertemakan kecintaannya terhadap tanah air.

Sejak mengemban amanat sebagai Kasi Ops Korem 161/Wirasakti Kodam 9 Udayana bermarkas di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) ini,lagu yang diciptakannya begitu banyak dan telah dinyanyikan oleh beberapa artis Karo seperti Narta Siregar.

Lagu-lagu yang diciptakannya sampai saat ini 16 lagu yakni :

  1. Pesan dari Perbatasan (Nasional)
  2. Merah Putih Berkibar (Nasional)
  3. Satu Indonesia (Nasional)
  4. Mars Bersama Rakyat TNI Kuat (Nasional)
  5. Indonesia Negeri Tercinta (Nasional)
  6. Pahlawanku (Pop) untuk Pahlawan Covid-19
  7. Relakan (Pop)
  8. Selamat Ulang Tahun (Pop)
  9. Pedah Nande (Pop dareah Karo)
  10. Taneh Karo Kuta Kemulihen (Pop daerah Karo)
  11. Gendang Sepengodak Sepengole (Pop dareah Karo)
  12. Ate Ngena (Pop daerah Karo)
    13.Uekenndu (Pop daerah Karo)
  13. Rancangan Tuhan (Rohani)
  14. Melayani (Rohani)
  15. Berharap Hanya Pada Tuhan (Rohani)

Kolonel Inf. Agustatius Sitepu, S.Sos, M.Si melalui sambungan WhatsApp, Minggu (29/08/2021) membeberkan jika awal mula Inspirasi membuat lagu dimulai dari tahun 2017 ketika menjabat sebagai Dandim 0205/TK.

“Ada permintaan sekelompok komunitas yang akan bernyanyi untuk acara pemberkatan pernikahan. Namun karena kesibukan dinas lagu itu tidak pernah selesai dibuat hingga acara selesai,” tulisnya.

Diceritakannya lagi, pada akhir tahun 2019 ketika mengemban tugas di Brigif 7/Rimba Raya. Ia sering mendengar lagu-lagu Pop Karo yang secara umum bercerita tentang patah hati. Sedangkan lagu-lagu untuk mendukung acara-acara pernikahan seperti ngembah belo selambar, nganting manuk dan sejenisnya. Selalu memakai lagu-lagu lama karya Alm. Djaga Depari dalam mengiringi acara.

Lanjutnya lagi,” disitu saya teringat kembali lagu yang pernah saya tulis. Namun coretan lagu tersebut tidak ketemu lagi. Kemudian saya coba menulis ulang, saya buat notasinya sambil bermain piano dan guitar sembari isi liriknya. Lebih kurang 2 Minggu baru selesai,” ungkapnya.

Tidak sampai disitu, dari inspirasinya itu. Timbul niat agar direkam dan dinyanyikan oleh artis Pop Karo, yang saat itu telah dikenal. Namun karena Pandemi Covid-19 masih terhalang.

“Lagu tersebut lebih 1 tahun tidak terekam juga karena terkendala dengan penyanyinya. Akhirnya ada yang merekomendasikan agar lagu itu dinyanyikan penyanyi Narta Siregar dan beliau dengan senang hati siap menyanyikan lagu tersebut,” beber Kolonel Inf. Agustatius Sitepu.

Dikatakannya, lagu tersebut sengaja diaransemen ke musik Pop Karo Modern tapi tidak meninggalkan ciri khas musik tradisionalnya. “Karena saya melihat banyak lagu-lagu sekarang justru ciri khas Karo-nya sudah tidak ada. Padahal indahnya lagu Pop Karo itu, kalau ciri khasnya dapat dipertahankan dan membedakan dengan lagu Pop daerah lain,” ujarnya mengakhiri.

Untuk diketahui dan bagi anda pencinta lagu lagu daerah Karo,yang mana lagu ciptaan Kolonel Inf. Agustatius Sitepu yang dinyanyikan artis Pop Karo Narta Siregar berjudul Ate Ngena, dapat ditonton dan dinikmati dichannel YouTube Kreatif ma Karo.

(David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *