by

Terkelin Brahmana Menerima Penghargaan Juara 1 Success Story Dana Desa

Berita Karo.OLNewsindonesia,Rabu(02/10)

Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan kantor wilayah Provsu sebulan yang lalu telah melaksanakan pemetaan Desa Desa unggulan untuk diusulkan masuk dalam success story Dana Desa Kementerian Keuangan. Dimana Pemda Karo salah satu dimonitoring dan dievaluasi terkait penggunaan Dana Desa.

Sebelumnya, monitoring dilakukan untuk chek and ricek terkait ada dua Desa di Kec . Berastagi Kab Karo dianggap berhasil dalam pengelolaan Dana Desa, faktor inilah tim Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (Kanwil DJPB ) Provinsi Sumatera Utara turun kalapangan 10 September 2019 lalu, peninjuaan faktual secara langsung.

Desa yang dikunjungi kala itu, Desa Raya dan Desa Sempajaya keduanya Kec . Berastagi Kab. Karo, dan sungguh mengejutkan hasil yang didapat tim Ditjen DJPB, kedua Desa tersebut masuk nominasi terbaik dalam pengelolaan Dana Desa -nya.

Dasar ini, Bupati Karo Terkelin Brahmana diundang untuk hadir dalam Rakor Pemda Se-Sumatera Utara Tahun 2019 bertemakan “Evaluasi Pelaksanaan Anggaran” dan sekaligus menerima penghargaan juara 1(satu) dalam rangka Pemda yang memiliki Desa Unggulan Tingkat Nasional 2019.

Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH menerima penghargaan juara 1 Pemda yang memiliki Desa Unggulan Tingkat Nasional 2019, diserahkan oleh kepala kantor wilayah DJPB Provsu Tiarta Sebayang,Rabu (02/09) 2019 (Dok)
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH menerima penghargaan juara 1 Pemda yang memiliki Desa Unggulan Tingkat Nasional 2019, diserahkan oleh kepala kantor wilayah DJPB Provsu Tiarta Sebayang,Rabu (02/09) 2019 (Dok)

Terkelin Brahmana membenarkan telah menerima penghargaan juara pertama kategori Pemda yang memiliki Desa unggulan tingkat Nasional 2019. Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Kepala kantor wilayah DJPB Provsu Tiarta Sebayang, Rabu (02/10) 2019 pukul 09. 00 WIB ruang Kuala Namu Lantai 9 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sumut JI. Balal Kota No. 4 Kesawan, Medan.

Proses penerimaan penghargaan ini, sudah sesuai dengan mekanisme dan ketentuan, sebab jauh hari, tim yang dibentuk oleh kepala kantor DJPB (Ditjen Perbendaharaan) Provsu sudah menilai dan bekerja, melihat kelayakan Desa Raya dan Desa Sempajaya, dikemas masuk kedalam success story Dana Desa Kementerian Keuangan terbaik, “tuturnya.

Menurutnya, apa yang diraih ini merupakan kerjasama Kepala Desa dan masyarakatnya ada kepedulian, sebab ada kepedulian pasti ada perubahan. Inilah perubahan itu, ada keberhasilan, orang lain yang menilai, bukan Pemda Karo.

Lebih lanjut dikatakan Terkelin bagi Desa Desa yang belum secara maksimal dapat mengelola anggaran Dana Desa -nya, agar lebih fokus dan intensifkan kembali, lebih baik berguru kepada Desa yang sudah teruji kemampuannya dari pada menuai masalah dikemudian hari akibat kurang kepedulian,”tegasnya.

Sementara kepala Kantor Wilayah DJPB Provsu Tiarta Sebayang mengucapkan dan mengapresiasi atas keberhasilan Pemda Karo atas terpilih-nya dua Desa menjadi sang juara nomor 1 diantara Pemda Kabupaten lain, dalam pengelolaan Dana Desa -nya.Keberhasilan ini tentunya, bagian dari pada program kita untuk dapat bersinergi meningkatkan perekonomian masyarakat menuju Sumut Bermartabat,”ucapnya saat menyerahkan penghargaan kepada Bupati Karo.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.