by

Tinjau Sejumlah Stasiun KA, Pj Gubernur Heru Pastikan Penataan Sarana-Prasarana Berjalan Optimal

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus melakukan penataan lingkungan dan sarana-prasarana di sekitar stasiun kereta api (KA).

Komitmen tersebut dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Pusat untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pengguna transportasi publik, khususnya kereta api.

Seusai meresmikan dimulainya Pembangunan Perluasan Stasiun KA Tanah Abang, Pj Gubernur Heru bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melanjutkan tinjauan ke sejumlah stasiun, yaitu dimulai dari Stasiun KA Tanah Abang, Stasiun KA Manggarai, Stasiun KA Jatinegara dan berakhir di Stasiun KA Senen.

Tinjauan tersebut dilakukan untuk melihat fasilitas sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan dalam penataan stasiun ke depannya. Sehingga, para pengguna jasa kereta api dapat merasa lebih aman, nyaman dan tertib saat menggunakan transportasi kereta.

“Kami, Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Dirut PT KAI akan menata kembali lingkungan beserta sarana dan prasarana di sekitar stasiun. Seperti tadi yang telah disampaikan Menhub Budi, kami akan menata di lingkungan sekitar Stasiun KA Tanah Abang, Stasiun KA Jatinegara, dan Stasiun KA Manggarai,” tutur Pj Gubernur Heru di Stasiun KA Senen, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Pemprov DKI Jakarta, Minggu (30/4).

Di Stasiun KA Manggarai, Pj Gubernur Heru dan Menhub Budi berkesempatan bertemu dengan komunitas masyarakat pengguna kereta api. Salah satu perwakilan komunitas tersebut mengatakan, kondisi Stasiun KA Manggarai sudah bagus, hanya saja fasilitas tangga berjalan atau eskalator perlu ditingkatkan, sehingga makin memudahkan para penumpang yang ingin berpindah lajur kereta.

Setelah itu, Pj Gubernur Heru dan Menhub Budi melanjutkan perjalanan ke Stasiun KA Jatinegara dan Stasiun KA Senen untuk meninjau arus balik Lebaran 2023. Pj Gubernur Heru mengungkapkan, proses arus balik ke Jakarta berjalan relatif aman. Hal itu tak lepas dari sinergi yang baik antara Kementerian Perhubungan, TNI/Polri, dan Pemprov DKI.

Menurut Pj Gubernur Heru, tidak ada larangan bagi masyarakat yang ingin bekerja di DKI Jakarta. Namun, ia meminta para pendatang mematuhi aturan kependudukan yang ada di Kota Jakarta, di antaranya memiliki pekerjaan dan tempat tinggal yang layak.

Sedangkan, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menambahkan, sejauh ini arus mudik dan balik Lebaran 2023 berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Kondisi tersebut diharapkan dapat terus terjadi pada puncak arus balik pada Minggu (30/4) dan Senin (1/5). Selain itu, Menhub Budi juga mengapresiasi Pj Gubernur Heru yang memberikan dukungan dalam penataan sarana dan prasarana serta lingkungan di sekitar stasiun KA.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Pj Gubernur yang memberikan dukungan pada setiap kegiatan, baik regular maupun kegiatan-kegiatan lain. Termasuk, dalam arus mudik dan balik,” kata Menhub Budi.

Dalam tinjauan tersebut, Pj Gubernur Heru didampingi Asisten Pemerintahan Sekda DKI Jakarta Sigit Widjatmoko, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta Afan Adriansyah Idris, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M Anwar dan Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin.

210