by

Pemerintah Kabupaten Karo Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kabupaten Karo gelar upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang digelar di Halaman Kantor Bupati Karo, Kamis (01/06.2023), sekira pukul 08.00 WIB.

Adapun tema Hari Lahir Pancasila 2023 adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Di samping itu, Hari Lahir Pancasila 2023 juga menggunakan tagline khusus untuk peringatan tahun ini. Tagline Harlah Pancasila 2023 adalah “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia”.

Amanat Presiden RI yang pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang dibacakan Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” ucap wakil Bupati Karo tersebut.

Diakhir amanatnya, Presiden RI, Joko Widodo mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian dan dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang.

Diketahui pula bahwa dalam melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini, juga digelar di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Karo. Upacara dipimpin langsung oleh Camat serta turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), seluruh Perangkat Kecamatan dan Perangkat Desa.

(David – Kominfo)