by

Launching Bus Dishub Pemkab Samosir Rute Pangururan – Bandara Silangit

Pangururan Samosir OLNewsindonesia Minggu (1/10), Dua Bus Dinas Perhubungan kabupaten Samosir Sumatera Utara, di Launching / Diresmikan secara resmi oleh Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM, Minggu 01 Oktober 2017 di Terminal Onan Baru Pangururan Samosir.

Gunting Pita tanda dimulai nya Moda Transportasi darat Gratis oleh Bupati (pegang Mix) dan wakil Bupati Samosir (pegang pita)
Gunting Pita tanda dimulai nya Moda Transportasi darat Gratis oleh Bupati (pegang Mix) dan wakil Bupati Samosir (pegang pita)

Dua Bus merk Hyno tersebut merupakan Bus bantuan hibah dari Kementrian Perhubungan TA.2016, yang akan difungsikan pemerintah kabupaten Samosir melayani penumpang pesawat menuju Bandara Silangit tanpa dikutip ongkos (Gratis) selama tiga bulan kedepan dengan menunjukan Tiket Pesawat.

 Bupati dan wakil Bupati serta ASN dengan seluruh driver dan pramugari di depan Bus perintis milik pemkab Samosir Sumatera Utara
Bupati dan wakil Bupati serta ASN dengan seluruh driver dan pramugari di depan Bus perintis milik pemkab Samosir Sumatera Utara

Bus ini bersifat sementara sampai BUMD/Koperasi/Pengusaha Angkutan Umum dapat melayani rute Samosir – Bandara Silangit.

Berdasarkan surat keputusan Bupati Samosir Nomor 532 Tahun 2017 tertanggal 28 September 2017, tentang Penetapan Pengoperasian Angkutan Perintis Pada Rute Pangururan (Terminal Onan Baru) – Bandara Silangit dan Bandara Silangit – Pangururan (Terminal Onan Baru).

Bus Perintis milik pemkab Samosir untuk mengangkut penumpang pesawat rute Pangururan - Bandara Silangit
Bus Perintis milik pemkab Samosir untuk mengangkut penumpang pesawat rute Pangururan – Bandara Silangit

Bahwa maksud dan tujuan, yakni
1. Untuk menumbuhkan minat masyarakat menggunakan angkutan (Bus) yang memberikan kemudahan menjangkau pelayanan masyarakat Samosir, dari dan keluar Samosir melalui Bandara Silangit
2. Untuk mengatasi ketidaktersediaan angkutan umum bagi penumpang pesawat udara ke bandara Silangit dari Kabupaten Samosir.
3. Untuk memacu percepatan pembentukan BUMD/Koperasi dan Pengusaha angkutan umum yang dapat melayani Trayek Samosir menuju Bandara Silangit dan Sebaliknya.
4. Untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Kabupaten Samosir.

“Angkutan Perintis ini terdiri dari 4 (empat) orang Supir dan 4 (empat) orang pramugari”, ungkap Kepala Dinas Perhubungan Samosir Nurdin Siahaan dalam sambutannya pada acara Lounching Bus Dishub di Terminal Onan Baru Pangururan minggu (1/10).

Lanjut Nurdin, untuk supir memakai pakaian seragam putih lengan panjang, celana berwarna gelap, Dasi serta Tali tali dan untuk pramugari wajib merias wajah, wangi dan memakai pakaian bernuansa ulos Bintang Maratur, paparnya.

Dalam hal ini, wakil Bupati Samosir Ir.Juang Sinaga mengucapkan terima kasih kepada Masyarakat Samosir, bahwa ini semua merupakan jawaban Doa kita bersama, sehingga dengan adanya 2 (dua) Bus Perintis ini, mempermudah masyarakat Samosir menuju Bandara Silangit serta para wisatawan yang datang ke Samosir.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM mengucapkan terima kasih kepada perwakilan General Manager Angkasa Pura II yang mau hadir dalam acara Lounching Dua Bus Dishub Pemkab Samosir ini.

“Selama dibuka Bandara Silangit, belum ada pengusaha kita buka rute Pangururan-Bandara Silangit, sehingga kebijakan ini kita lakukan segera, biar masyarakat tidak terlantar yang menggunakan jasa pesawat udara”, ungkap Rapidin Simbolon.

Lanjut Rapidin, kita semua harus konsisten bagaimana Samosir ini menjadi tujuan parawisata nasuonal maupun internasional. Pelayanan dan kebersihan harus diutamakan, dan tim medis harus selalu standby, apabila ada penumpang atau keluarga penumpang yang tiba tiba sakit, sehingga ada pertolongan pertama, sebelum dirujuk ke rumah sakit umum.
Dan saya minta kepada Direktur Rumah Sakit, agar menyediakan tim medis nya segera apabila dibutuhkan, ujarnya.

Dan buat pramugari, harus intens komunikasi kepada penumpang, agar penumpang tidak merasa jenuh selama diperjalanan, begitu juga dengan driver bus, harus mengkedepankan keselamatan penumpang dalam berkendara, jangan kebut-kebutan harus Aman, Nyaman dan Tentram.

Rapidin juga mengingatkan kepada para supir dan pramugari, supaya jangan lajukan pengutipan apapun kepada penumpang maupun keluarga penumpang.
“Kalian semua sudah digaji besar, lebih besar gaji kalian (supir dan pramugari), dibandingkan gaji honor dipemkab Samosir, lakukan pekerjaan dengan Tulus, Jujur dan Ihklas, tegas nya mengakhiri.

Gunting pita dilakukan langsung oleh Bupati dan wakil Bupati Samosir, yang disaksikan oleh seluruh yang hadir di Lounching Bus Dishub Pemkab Samosir Rute Pangururan-Bandara Silangit di Terminal Onan Baru Pangururan Samosir Sumatera Utara.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.