by

LDK Desa Cileungsi Kidul Kecamatan Cileungsi Bogor ” Dalam menyambut bulan suci ramadhan 1438H “

Bogor. Dalam menyambut bulan suci ramadhan 1438H desa Cileungsi kidul yang beralamat di Jl. Raya Jonggol-Cileungsi KM 1 No. 1, Cileungsi Kabupaten Bogor, mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan atau yang sering disebut dengan LDK yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 13-14 Mei 2017 di Wisma Lokawiratama Cisarua Bogor. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala desa, staf desa, RT, RW, Kadus, LPM dan pihak-pihak yang terkait lainnya.

“Kegiatan LDK ini berfungsi untuk memberikan pelatihan pendidikan kepada para staf dan anggota lainnya bagaimana seharusnya mereka memimpin dilingkungannya” , kata Sekretaris Desa Cileungsi Kidul Saeful Anwar saat ditemui, selasa (16/5/2017) kepada wartawan OLNEWSINDONESIA.

Acara LDK ini dibuka dengan sambutan oleh kepala desa Cileungsi Kidul Bapak Edi Supriatman, S.Ip. dimana dia berterimakasih kepada warga yang telah menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara ini. Pembicara dalam acara ini antara lain: Drs. Adi Hendriyana, Msi (sekretaris Kecamatan Cileungsi). Isi materi yang diberikan adalah pelayanan administrasi yaitu bagaimana cara melayani yang baik kepada warga yang memiliki kepentingan terhadap desa. Materi selanjutnya oleh pihak Polsek Cileungsi yang diwakili oleh Kanit Reserse Iptu. Ahmad Riyana dengan menjelaskan peran dan fungsi RT dan RW bagaimana dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan wilayah khususnya di Cileungsi Kidul. Materi yang terakhir adalah dari Koramil Cileungsi yang diwakili oleh bapak Safrijal selaku Bintara Urusan Umum. Dia menjelaskan prafungsi RT dan RW dalam menciptakan perannya dalam menjaga persatuan dan kesatuan warga.

Selain pembekalan materi, di LDK ini juga ada pembekalan fisik. Untuk LDK fisik pada umumnya, materi yang diberikan secara garis besar adalah dalam bentuk PBB (Pelatihan Baris Berbaris). Kegiatan LDK lainnya diantaranya ialah kepemimpinan, keorganisasian, olah raga, dan hiburan. Ujar Jejen Jaenudin (Staf Desa Cileungsi Kidul).

Kesan diadakannya Latihan Dasar Kepemimpinan ini menurut Agus. S (ketua Paguyuban Cileungsi Kidul), bahwa diadakannya kegiatan ini sangat positif dimana wawasan dan pengetahuan mereka bertambah, dan mereka menjadi lebih mengetahui cara dalam memimpin dan menyelesaikan masalah jika terjadi diwilayahnya masing-masing. (NYA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.