by

Patung Ikan Yang Menjadi Icon Kabupaten Pangandaran Akhirnya Di Robohkan Bupati

Pangandaran OLNEWSINDONESIA.

Hari ini Selasa 6 Juli 2017 telah terjadi pembongkaran Patung Ikan yang Menjadi Icon Kabupaten Pangandaran oleh Bupati Pangandaran saat ini Jeje Wiradinata. Patung ikan karya Nyoman Nuarta ini berada persis di bundaran Pangandaran, Jawa Barat.

Seperti yang kita ketahui bahwa Patung Ikan ini adalah monumen patung ikan yang menjadi Icon nya Kabupaten Pangandaran yang di buat sebagai lambang dari daerah penghasil ikan yang letaknya sangat strategis untuk mengundang para wisatawan.

Kepada OLNEWSINDONESIA Nyoman Nuarta mengungkapkan kekecewaannya “Ya jelas kecewa, siapa yang tidak kecewa. Tidak ada yang kasih tahu, tiba-tiba ada orang yang kirim gambar ke saya. Ternyata itu patung saya. Itu sudah lama, 1970-an atau 1980-an, awal-awal sejarah saya sebagai seniman.”

Pembongkaran Patung Ikan Hasil Karya Nyoman Nuarta
Pembongkaran Patung Ikan Hasil Karya Nyoman Nuarta

Nyoman Nuarta menambahkan Kepada OLNEWSINDONESIA “Tentu sebagai etika, apalagi sebagai orang Timur, kalau mereka sudah tidak berkenan dengan patung itu, sebaiknya ceritakan ke senimannya. Karena saya masih hidup. Ini kan nggak bilang-bilang, tiba-tiba dibongkar.”

Lena salah satu warga yang menyaksikan pembongkaran Patung Ikan tersebut ketika ditanyakan oleh OLNEWSINDONESIA mengenai pembongkaran Patung Ikan mengatakan  “Seharus nya patung icon itu jgn d bongkar dan d ganti dgn patung lain. Patung itu sdh jadi ciri khas Kabupaten Pangandaran, Sejak lama sebenarnya patung itu sudah 3 kali diperbaharui. Walaupun memang harus diganti, seharusnya bapak bupati bisa merundingkan nya terlebih dahulu dengan pihak yang terkait. Kalau seperti itu caranya, sama saja Bupati tidak menghargai yang namanya sejarah, tuturnya.” (INK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.