by

Camat Jonggol Hadiri Gelar Budaya Kearifan Lokal Ngamumule Budaya Lokal Pituin Urang Sunda Dan Deklarasi Stop Bullying

Berita Jonggol, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Camat Jonggol, Andri Rahman, S.STP, M.Si, menghadiri gelaran Budaya Kearifan Lokal Ngamumule Budaya Lokal Pituin Urang Sunda Dan Deklarasi Stop Bullying yang diselenggarakan di Lapangan SMP SMK Nurul Hikmah Al-Hakim, Yayasan Nurul Hikmah Al-Hakim oleh Yayasan pada Kamis, 27 Oktober 2022.

Dalam keterangan persnya, Camat Jonggol mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mengungah, mengajak untuk melestarikan budaya Sunda, dari permainan, makanan sunda, minuman sunda, tarian kesenian sunda dsb. Juga ada bazar untuk memperkenalkan kepada anak-anak tentang makanan dan minuman sunda.

Ada hal yang menarik perhatian Camat Jonggol dalam kegiatan hari ini, dimana dirinya melihat siswa-siswi diperkenalkan dan diarahkan sesuai bakat dan minat, pengembangan jiwa entrepreneur dalam mengembangkan kuliner sunda maupun hal yang berkaitan dengan budaya dan seni sunda. Sehingga akan memperkuat karakter bangsa dan tentunya potensi daerah , khususnya wilayah Kecamatan Jonggol.

Kedepannya Camat Jonggol berharap campaign ini bisa diterapkan disemua sekolah yang ada di wilayah Jonggol. Bahkan akan diaplikasikan di wilayah Pemerintah Desa bersinergi dengan Kecamatan melalui program unggulan inisiasi Camat yaitu program saMbang PajajaRan (Desa Membangun Pariwisata Jeung Olah Raga Sarta Kaulinan).

Dimana melalui program Sambang Pajajaran, dilakukan eksplorasi potensi parawisata Agrowisata, Wisata Alam, Wisata Olahraga, pengembangan hubungan dengan mitra seperti Kelompok Tani, Bumdes serta kelompok masyarakat. Serta pengembangan potensi olahraga dan pelestarian budaya asli .

Joner