by

Acara Hompimpa Jakarta Diselenggarakan JMB Dan Jakpro

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebanyak 70 peserta mengikuti kegiatan Hompimpa Jakarta yang diselenggrakan relawan Jakarta Maju Bersama (JMB) bersama dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) di Jalasena, Pantai Maju, Jakarta Utara, Minggu (25/9).

Ketua Pelaksana Hompimpa Jakarta, Yan Aufar Al Kautsar mengatakan, Hompimpa Jakarta merupakan rangkaian kegiatan event Jakarta Maritim Fest dengan tagline “Ayo Main, Nostalgia Bersama”. Dalam giat ini, masyarakat diajak untuk bernostalgia dengan ikut bermain permainan tradisional.

Ada tujuh permainan tradisonal yang disajikan yaitu Tapak Gunung, Congklak, Petak Benteng, Galasin, Bola Bekel, Lompat Karet dan Kelereng.

“Saat ini zamannya serba gadget, kami ingin mengajak masyarakat untuk mengingat berbagai permainan tradisional saat kecil. Ada tujuh permainan yang kita sajikan yang mereka bisa bebas memilih,” kata Aufar.

Menurut Aufar, antusias masyarakat untuk bernostalgia dengan permainan tradisional ternyata cukup besar. Terbukti, dari target 50 peserta, ternyata yang daftar dan ikut kegiatan ini ada 70 peserta.

“Kami targetkan 50, ternyata yang ikut ada 70 peserta dari beragam komunitas di Jakarta. Kami sangat bersyukur, melihat antusias warga,” tuturnya.

Darti Isyanti (50) salah satu peserta pemain congklak, mengaku senang karena bisa menikmati kembai permainan masa kecil. Menurutnya permainan tradisional lebih menantang dan dapat meningkatkan interaksi sosial antar sesama.

Perempuan yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar ini menambahkan, akan memperkenalkan permainan tradisional kepada muridnya sebagai upaya melestarikan budaya bangsa.

“Saya akan perkenalkan permainan tradisonal ini kepada murid-murid saya, agar permainan tradisional yang merupakan salah satu budaya bangsa ini tidak punah,” ungkapnya.

210