by

Lahan Tidur Disulap Menjadi Taman Oleh Warga Rusun Damkar Cengkareng

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Warga Rusun Damkar RT 09/05 Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat, manfaatkan lahan tidur seluas 50×50 meter untuk taman bermain dan edukasi, kebun hingga kolam ikan.

Pengelola taman, Muhammad Yusuf mengatakan, taman ini dibuat pada awal 2019. Saat itu, warga bekerja bakti membersihkan ilalang pada lahan tidur tersebut. Selanjutnya, mulai dibuat taman brmain untuk PAUD.

“Untuk menjadi taman seperti sekarang ini membutuhkan proses,” tuturnya, Senin (12/9).

Perlahan-lahan, Yusuf bersama warga mulai menanam anek sayuran seperti Kangkung, Bayam dan Pakcoy. Tak sampai disitu, di taman ini juga dibuat kandang kelinci dan kura-kura.

“Total ada 20 kelinci, dan enam kura-kura. Berkembang lagi, ditambah ada lima kolam ikan Nila, Lele serta Patin. Tidak hanya memelihara saja, ikan-ikan di sini juga di kembangbiakan,” terangnya.

Menurut Yusuf, setiap kali panen sayuran dan ikan warga rusun memanfaatkan dengan makan bersama, tujuannya mempererat tali silaturahmi.

“Untuk kebersihan dan perawatan taman, saya dibantu para warga setiap Jumat selalu kerja bakti membersihkan taman, kolam,” imbuhnya.

“Harapan saya taman ini bermanfaat bagi semua pihak,” pungkasnya.

210