by

Desa Jonggol Menjadi Desa Digital, Tingkatkan Pelayanan Tata Kelola Pemdes Dan Informasi Layanan Publik Berbasis Teknologi Informasi

Berita Jonggol Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Desa Jonggol menggelar sosialisasi Program Desa Digital, dimana Desa Jonggol akan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pelayanan Tata Kelola Pemerintah Desa (Pemdes) dan pemberian informasi layanan Publik berbasis teknologi. Sosialisasi digelar di Gedung Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, pada Rabu (31/5/23).

Kepala Desa Jonggol, Yofi M Safri SE sedang memberikan sambutan pembukaan kegiatan

Dalam keterangan kepada media, Kepala Desa Jonggol, Yofi Mohamad Safri, SE menyatakan bahwa Desa Jonggol berkomitmen untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, disesuaikan dengan konteks hari ini pelayanan berbasis Teknologi Informasi adalah suatu keharusan yang harus dilakukan. Dengan sosialisasi ini maka Desa Jonggol siap bertransformasi menjadi Desa Digital sesuai dengan tuntutan jaman.

Ditambahkan Yofi, bahwa Desa Jonggol merespon secara cepat agenda Program Nasional yaitu Desa Digital dari Kemendes dan Program turunannya seperti program Pemprov Jabar yaitu Digital Service, Program Pancakarsa Kabupaten Bogor, kemudian menjalankan arahan Camat Jonggol, Andri Rahman S.STP, M.Si, selain itu pelaksanaan janji pribadi dirinya untuk mengembangkan Desa melalui teknologi informasi.

Staf Pemdes Jonggol Serius Memperhatikan Paparan

Dalam pelaksanaan yang bertahap, dengan menjadi Desa Digital maka Pemerintahan desa dimudahkan dalam mengerjakan segala bentuk Administrasi Desa berdasarkan regulasi yang ada, ungkap Yofi. Tentunya juga masyarakat desa dimudahkan dalam mendapatkan informasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan mengajukan segala kebutuhan administrasi berbasis Android dan Web.

Kemudian secara bersemangat dan ramah, Yofi menerangkan bahwa masyarakat Desa Jonggol bisa memanfaatkan layanan ini dengan mengunduh (download) aplikasi Digantara di playstore atau web, sehingga nanti masyarakat bisa menikmati pelayanan sosial dasar antar Warga Desa yang difasilitasi oleh Pemerintahan Desa, serta bisa mendapatkan informasi seperti, Kesehatan, Lowongan Kerja dan Jasa, Tani Desa.

Para Aparatur Desa (Kadus, RT, RW) sedang menyimak penjelasan

Bahkan penciptaan lingkungan (Environment) bagi peningkatan pendapatan BUMDes dan PADes, atau penciptaan pasar (market place), sehingga masyarakat Desa bisa memasarkan hasil bumi, produk-produk UMKM dan tercapai padat karya digital. Termasuk dilakukannya transaksi secara digital, ungkap Yofi.

“Alhamdulillah Tahun 2023 memulai Desa Digital” Yofi mengakhiri wawancara.

Sementara itu Rafli dari PT Solusi Digitalisasi Nusantara, mitra Desa Jonggol sebagai vendor penyedia layanan Aplikasi Digantara menyatakan salut atas upaya Kepala Desa Jonggol, Yofi Mohamad Safri, SE untuk segera mengintegrasikan layanan Teknologi Informasi berbasis online untuk diaplikasikan di Desa Jonggol guna sesegera mungkin meningkatkan layanan publik kepada masyarakat Desa Jonggol.

Rafli dari Tim Pengembang Aplikasi Digantara

“Pak H Yofi ini kan Saya mengapresiasi, karena mendorong program Desa Digital, karena ini merupakan alat sebagai tools untuk memaksimalkan layanan desa “ungkap Rafli.

Dengan aplikasi Digantara menurut Rafli, maka Pemerintah Desa akan diuntungkan. Selain karena layanan dilakukan dalam satu Dashboard yang mudah untuk digunakan disisi administrator dalam hal ini Pemdes, dan tampilan yang mudah dinavigasikan oleh pengguna. Aplikasi Digantara tersedia di playstore dan melalui web https://kliknusantara.digital

Joner