by

Sebuah Mobil Rinsek Dampak Banjir, Kapolres Karo Himbau Pengendara Tetap Berhati Hati

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Akibat cuaca extrim dalam beberapa hari ini mengakibatkan ruas jalan Jamin Ginting atau jalur Berastagi – Medan, tepatnya di sekitar Pabrik Aqua Berastagi, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, dampak hujan deras siang tadi, ruas jalan tergenang air atau mendapat kiriman banjir pada hari Minggu (30/04.2023) sekitar pukul 15.00 WIB yang berada di antara Penatapan dan Pabrik air mineral dibanjiri arus yang sangat deras dari atas gunung, sehingga membuat terjadinya kepadatan kendaraan dikarenakan perlambatan arus lalu lintas di lokasi banjir.

Video Mobil Hanyut Terbawa Arus

Menurut salah seorang warga yang bernama Erwin Ginting saat ditemui dilokasi tersebut mengatakan, memang sering menjadi langganan banjir, apalagi bila terjadi hujan yang cukup deras. Menurutnya, hujan tersebut merupakan kiriman dari atas gunung Sibayak yang di guyur hujan sejak siang tadi, katanya.

Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, saat melakukan pengaturan Lalin bersama sama dengan personil lainnya, mengimbau kepada masyarakat yang ingin melanjutkan perjalanan mudik ke Medan maupun ke arah Berastagi supaya tetap berhati hati.

“Kita lihat pada saat ini cuaca sangat extrim, apalagi melintasi perbukitan seperti sekitar Penatapan dan Tahura Bukit Barisan supaya tetap hati – hati di jalan”, imbaunya.

Kapolres juga menambahkan, apabila terjadi perlambatan dan antriann arus agar tidak saling mendahului dan tetap patuhi peraturan lalu lintas serta arahan petugas dilapangan.

“Kita terus berupaya maksimal perjalanan lintas Kabupaten Karo dapat berjalan aman dan lancar, personil sudah terjajar di setiap pos pos pengamanan yang rawan terjadi kepadatan dan
Personil Kodim 0205/TK juga turut bekerjasama untuk mengatur lalu lintas di lokasi banjir dan lokasi lainnya pada masa arus balik mudik lebaran 1444 H di wilayah Tanah Karo, ” ucap Kapolres.

Dan diketahui bahwa dampak hujan deras aliran Sungai Sembahe Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Air Pasang bersamaan Banjir Bandang dengan material Kayu, dan informasi dari berbagai media yang dihimpun serta terlihat dari video warga, ada sebuah mobil mini bus pribadi warna putih hanyut dan ditemukan rinsek di area ‘Lembah Naga’ (sebutan warga Desa Sembahe_red) dan terkait korban jiwa hingga saat ini belum diketahui pasti.

(David)