by

Pertama Dalam Sejarah Karo, Pemkab Raih Tingkat Dari WDP Ke WTP Dari BPK Perwakilan Medan

Berita Karo.OLNewsindonesia,Selasa(30/06)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH bersama ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Kepala Inspektorat Philemon Brahmana , Kadis DPKPAD Andreasta Tarigan, Sekwan Kab. Karo Petrus Ginting, Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana, menghadiri acara penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019, Senin (29/06) 2020 pukul 15.00 WIB di jalan Iman Bonjol Medan.

Menurut, Kepala BPK Perwakilan Medan Eydu Oktain Panjaitan, S.E, M.M, Ak C.A, CSFA, dalam catatan sejarah baru kali ini Pemda Karo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), tentu ini berdasarkan mekanisme dan bukti hasil pemeriksaan yang diperoleh tim BPK, “ujarnya.

Setidaknya , Eydu menyebutkan ada 4 (empat) indikator yang menjadi faktor penentu Pemda mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pertama, penentuan opini WTP harus didasarkan pada kesesuaian dengan indikator tersebut. Kedua, pengungkapan informasi di laporan keuangan harus jelas dan detail. Ketiga, adalah keefektifan sistem pengendalian internal,” dan keempat, pelaksanaan anggaran harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan,”terangnya.

Ket foto  : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH saat menandatangani penyerahan Laporan Keuangan Pemda tahun anggaran 2019 di Medan Sumut, Senin (29/06) 2020 (Ist)
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH saat menandatangani penyerahan Laporan Keuangan Pemda tahun anggaran 2019 di Medan Sumut, Senin (29/06) 2020 (Ist)

Kriteria diatas, sudah cukup dan tepat, BPK menilai, Pemkab Karo masih dalam ambang batas kewajaran, sehingga diberikan opini WTP, ini merupakan suatu prestasi, sehingga untuk ditahun berikutnya, LKPD tersebut dapat dipertahankan menjadi lebih baik tanpa ada catatan,”kata Eydu.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH menyatakan sangat berterimakasih kepada seluruh tim BPK Perwakilan Medan yang telah memberikan hasil laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2019,dengan predikat opini WTP.

Terkelin mengaku, sangat senang dan gembira, disaat pandemi Covid-19 masih terjadi di Kab. Karo, disatu sisi, Pemda Karo meraih opini WTP yang diberikan oleh BPK, ini adalah luar biasa, sebagaimana tadi disebutkan menurut catatan BPK Perwakilan Medan , belum pernah Pemkab Karo meriah WTP,baru pertama kali ini, “ucap Bupati.

Prestasi ini, menurut terkelin tentu atas kerjasama seluruh Organisasi Perangkat Daerah, khususnya dinas inspektorart saat sekarang ini dan dinas DPKPAD, siang malam menyusun rencana hasil laporan, dalam bekerja ditambah komunikasi yang baik antara Pemda Karo dengan BPK. Pun begitu, saran dan masukan dari pihak BPK Medan, cukup baik sebagai pemicu kedepannya agar Pemkab Karo lebih gigih lagi dengan mengurangi catatan ambang batas kewajaran dalam meraih opini,”harap Terkelin.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan mengatakan, cukup bangga dengan pemberian penilaian BPK Perwakilan Medan, terkait LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) tahun anggaran 2019 predikat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Ini suatu kebanggaan yang kami alami, sudah naik satu tingkat dari WDP (Wajar Dengan Pengecualian ) ke tingkat WTP,”imbuhnya.

Hal senada disampaikan Kepala Inspektorat Kab Karo Philemon Brahmana, bahwa selama ini, dia mengaku, sesuai catatan di BPK Perwakilan Medan belum pernah sejarahnya ada kepemimpinan Bupati Karo,selain dijabat saat sekarang ini oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana memperoleh opini WTP,”akunya.

Dipenghujung acara, tampak Kepala BPK Perwakilan Medan Eydu Oktain Panjaitan menyerahkan hasil laporan LKPD kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH dan Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, opini WTP.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.