by

KPU Karo Gelar Ujian Seleksi Calon Anggota PPK

Berita Karo.OLNewsindonesia.Kamis(30/01)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo laksanakan ujian seleksi tertulis dalam perekrutan calon PPK untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karo di Centrum PPWG GBKP Kabanjahe Kabupaten Karo, Kamis (30/01) 2020 yang dihadiri oleh 260 peserta calon dari 275 orang yang mendaftar ke sekretariat KPU Karo.

Ketua KPU Kab Karo, Gemar Tarigan menyampaikan ke awak media, “kalau calon PPK yang mendaftar kemarin ada sebanyak orang 275 orang, dan yang hadir hanya 260 orang serta yang akan di ambil untuk masuk ke tahap berikutnya untuk tes wawancara nantinya hanya 10 orang per Kecamatan jadi totalnya 170 orang, dan untuk menjadi PPK 85 orang Se-kabupaten Karo, dan hanya 5 orang per Kecamatan yang akan direkrut,”ujar Gemar.

Dengan situasi ini, para pendaftar pun dituntut untuk fokus terutama menghadapi tes tulis yang akan digelar KPU Karo. Sebelum bisa ikut tes tulis, pendaftar pun harus menunggu kelulusan seleksi administrasi yang saat ini tengah dilakukan KPU Karo . Dan pemeriksaan hasil tes tertulis dan praktek komputer selama 3 hari dimulai tgl 31 Januari sampai 2 Februari,serta untuk hasil pengumumannya pada tangga 3 Januari sampai dengan Tgl 5 Februari 2020, “jelasnya.

Ket foto  : Para peserta seleksi menjadi anggota PPK  Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Karo yang mengikuti ujian tertulis yang diselenggarakan oleh KPU Karo di sentrum GBKP Kabanjahe Kabupaten Karo, Kamis (30/01) 2020 (Ist)
Ket foto : Para peserta seleksi menjadi anggota PPK Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Karo yang mengikuti ujian tertulis yang diselenggarakan oleh KPU Karo di sentrum GBKP Kabanjahe Kabupaten Karo, Kamis (30/01) 2020 (Ist)

Sekadar mengetahui, pelaksanaan Pilbup 2020 ini mengacu pada Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 Perubahan kedua atas UU Nomor 1/2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur , Bupati , Wali Kota menjadi UU. Artinya, tes wawancara pun diprediksi mengacu pada ketentuan ini ditambah dengan UU sejenis dan seabrek aturan turunannya yang bisa dipelajari oleh peserta tes,”terang Gemar kembali.

Jadi sebagai calon penyelanggara, idealnya para pendaftar pun menguasai pengetahuan seputar Kepemiluan , Partai , tata pemerintahan hingga sosio kultural masyarakat setempat, “pungkasnya.

Pantauan dilokasi seleksi ini dimulai sekitar pukul 10.30 hingga selesai pada pukul 16.30 WIB, dan turut hadir dalam kegiatan ujian seleksi tersebut adalah Ketua KPU Karo Gemar Tarigan , DRS. Lotmin Ginting Divisi teknis penyelenggara , Anwar Tarigan SH devisi hukum dan pengawasan , Rikardo Sitepu S.sos Divisi Perencanaan Data dan Informasi , Dewi A Susanti Mpd Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.