by

Bupati Karo Sebut Tantangan ASN Kedepan Harus Dapat Menyesuaikan Dengan Pimpinan Baru

Berita Karo.OLNewsindonesia,Senin(30/11)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, menekankan kepada ASN Pemkab Karo kedepan, bahwa tantangan semakin kompleks untuk itu harus lebih pro – aktif dalam menyesuaikan dengan pimpinan , apa lagi Pimpinan Bupati Karo setelah terpilih yang baru. Tuntutan ini berhubungan dengan terobosan inovasi bagi setiap ASN, segera menyesuaikan dengan Pimpinan. Artinya satu arah, ASN yang menyesuaikan, bukan sebaliknya.

Penekanan ini dilontarkan, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH saat membuka acara Deliverinovasi daerah Kabupaten Karo tahun 2020 dan penyerahan sertifikat inovasi daerah Kab Karo tahun 2019, Senin (30/11) 2020 pukul 10.00 WIB di aula lantai 3 kantor Bupati jalan Jamin Ginting, Kabanjahe.

Selain Bupati, dalam acara tersebut turut di hadiri oleh Asisten 2 Sekdakab Karo Dapat Kita Sinulingga, Kepala Bappeda Ir.Nasib Sianturi, Msi, Kepala Dukcapil Susi Iswara Br bangun, para Camat dan Kepala Puskesmas Kab. Karo, serta OPD.

Menurut, Terkelin inovasi daerah merupakan semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja, dengan sasaran mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik.

Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH berfose  bersama para peraih penghargaan inovasi disela sela kegiatan Deliverinovasi Daerah Kabupaten Karo di Aula Kantor Bupati Karo Kabanjahe, Senin (30/11) 2020 (Ist)
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH berfose bersama para peraih penghargaan inovasi disela sela kegiatan Deliverinovasi Daerah Kabupaten Karo di Aula Kantor Bupati Karo Kabanjahe, Senin (30/11) 2020 (Ist)

Bentuk dan ragam inovasi ada melalui inovasi tata kelola pemerintahan dan inovasi pelayanan publik tinggal bagaimana ASN tersebut menjabarkan dan melaksanakan dengan azas good Government. Disamping itu, ASN juga harus mengikuti model berinovasi yang biasa disebut 5D, yakni Drump – UP, Diagnose, Design, Deliver dan Display, “tuturnya.

Komitmen ini telah teruji, sehingga saat ini indeks inovasi Pemkab Karo mendapat perhatian publik dan Kabupaten lain, dimana kita meraih rangking ke-3 (tiga) indeks inovasi se-Sumut. Sedangkan kategori Nasional rangking 98 se-Indonesia,”sebut Terkelin.

Lanjutnya lagi, menyikapi keadaan inilah, deliver inovasi terlaksana dan bagi yang OPD mendapat juara tentu diberikan penghargaan dan sekaligus penandatangan kontrak kerja inovasi tanda komitmen antara inovator dengan Perangkat Daerah dan Kepala Puskesmas dengan kepala daerah.

Inilah OPD dan ASN harus menyesuaikan dengan situasi dan keadaan jika Pemimpin yang baru, tunjukkan kompetisi inovasi yang telah diraih seperti Innovative Government Award, Sinovik, Budhipraja dan Pangripta Nusantara, “jelas Bupati.

Dipenghujung acara, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH didampingi Asisten 2 Dapat Kita Sinulingga menyerahkan sertifikat inovasi daerah tahun 2019 kepada juara 1,2 dan 3 khusus perangkat daerah diraih oleh dinas Bappeda, dinas Dukcapil, dinas Pemberdayaan Perempuan. Sedangkan tingkat inovasi Puskesmas, juara adalah Puskesmas Berastagi, Tigabinanga dan Korpri,kemudian tingkat Kecamatan oleh Camat Tiga Nderket , Camat Payung dan Camat Merdeka.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.