by

Bupati Karo Apresiasi Pembangunan Monumen Resi Srigit Brahmana Di Kabanjahe

Berita Tanah Karo.Olnewsindonesia,Senin(30/07)

Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH didampingi Ny.Sariati Sitompul Terkelin Brahmana, menghadiri acara bertajuk”Malam Dana” Pembangunan Monumen Resi Smegit Brahmana, Minggu (29/07) pukul 20.00 Wib di Le Polonia Convention Hotel Jln.Sudirman Medan.

Terkelin Sosok Bupati Karo saat sekarang ini yang selalu ramah dengan slogan nya kerja dan kerja keras dalam bekerja ini
mengucapkan terimakasih kepada panitia Perkumpulan Brahmana Si Rulo Ras anak Beruna dalam mewujudkan pembangunan Tugu Monumen Resi Smegit Brahmana , yang diketuai Dr.Ir. Nasib S. Brahmana. Mfa, sekali lagi atas nama pribadi saya berterimakasih atas undangannya hadir dalam penggalangan dana pembangunan monumen Resi Smegit Brahmana, kebetulan saya juga keturunan cucu Brahmana,”ucap Brahmana.

Terlebih monumen Resi Smegit Brahmana ini, rencananya akan dibangun di Tanah Karo di Desa Rumah Kabanjahe, ini suatu kehormatan bagi saya, ketika seorang Marga Brahmana menjabat sebagai Bupati, patut dan saya mendukung sampai suksesnya pembangunan monumen Resi Smegit Brahmana.

” Hal ini akan menjadikan catatan sejarah kedepan, dengan terbangunnya monumen tersebut karena persatuan dan kesatuan Marga Brahmana Ras Anak Beruna dimanapun berada telah menyumbangkan pikirannya, tenaga dan waktu ini semua berkat kepedulian akan warisan nenek moyang kita, marga Brahmana,” Terang Terkelin Brahmana.

Ket foto : Bupati Karo bersama Panitia pembangunan Monumen Resi Smegit Brahmana saat mengikuti rangkaian acara di Hotel Polonia Medan Minggu (29/07).
Ket foto : Bupati Karo bersama Panitia pembangunan Monumen Resi Smegit Brahmana saat mengikuti rangkaian acara di Hotel Polonia Medan Minggu (29/07).

Sementara ini dana dari saya untuk membantu pembangunan monumen Resi Smegit Brahmana ini pasti ada, saya sudah siapkan, hanya saja tidak elok di podium ini saya sebutkan jumlah besarnya bantuan yang saya berikan, tapi saya minta kepada panitia,agar datang ke kantor Bupati Kabanjahe, silahkan ambil dan jemput uangnya,” pungkasnya .

Terpisah, Ketua Persada Brahmana Si Rulo Ras Anak Beruna Se Dunia Dr.Ir. Nasib S. Brahmana. Mfa menjelaskan sejarah singkat Resi Smegit Brahmana, ceritanya dimana Marga Sembiring ada lima termasuk Brahmana di zaman Nenek Moyang kita namanya lazim disebut Smegit.

” Smegit ini adalah Resi yang sering juga di sebut Maha Resi India dalam catatan sejarah marga Brahmana Berasal Dari Negara India,  masuk Ke Tanah Karo sekitar abad XVI menetap di Kabanjahe, zaman dulu kala masih di sebut “Talun Kaban ” belum Kabanjahe namanya.

” Jadi dalam sejarah dikisahkan zaman dulu masih ada persengketaan antara penguasa Talun Kaban dengan Raya dan Resi Semegit berusaha untuk mendamaikan permasalahan antara Talun Kaban, inilah awal sampai sekarang adanya Smegit Brahmana , Beber Nasib Brahmana.

” Sambungnya , monumen Resi Smegit Brahmana sengaja hendak di bangun di rumah Kabanjahe, mengingat fakta sejarah , menurut penuturan Resi Semegit ketika meninggal dunia beliau di kuburkan di desa Kabanjahe, ” jelasnya.

Tujuan dibangunnya Tugu Monumen Resi Smegit Brahmana ini agar kelak dimasa mendatang marga Brahmana dan Ras Anak Beruna Brahmana bisa saling mengenal dan dapat bersatu menjadi keluarga Brahmana Se-Kab. Karo khususnya, ditambah Pemkab Karo melalui parawisatanya dapat menjadikan Tugu Monumen Bersejarah ini sebagai objek wisata bagi masyarakat luas khususnya marga Sembiring Brahmana nantinya ” Harap panitia.

Hadir dalam acara tersebut Nabari Ginting selaku penasehat, Doanta Jaya S Brahmana Seksi penggalangan dana, Ketua Pembangunaan Monumen,  Drs. Pius S. Brahmana,dan ratusan marga Brahmana dan Ras Anak Beruna.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.