Akibat Kemarau Objek Wisata Bukit Gundaling Berastagi Terbakar

Berita Tanah Karo, Online News Indonesia, Kamis (30/8)

Akibat kemarau yang melanda Tanah Karo beberapa minggu terakhir ini memicu salah satu lokasi andalan Objek wisata kota Berastagi ini terbakar. Dimana lahan kosong yang tumbuh pepohonan dan bambu di puncak Bukit Gundaling Kec Merdeka Kab. Karo pada hari Kamis (30/08) habis di makan si jago merah.

Warga desa Gongsol kec Merdeka Gia Surbakti merupakan sopir Angkot mengatakan, ” lahan ini sepertinya sengaja di bakar karena tadi siang saya lewat sekitar pukul 12. 30 wib , api ini belum ada , tapi sekitar pukul 15.00 wib saya lewat sudah terbakar, ” ujarnya.

Para Muspika Kecamatan Merdeka /Simp Empat bersama warga membantu petugas Damkar untuk memadamkan api, Kamis (30/08)
Para Muspika Kecamatan Merdeka /Simp Empat bersama warga membantu petugas Damkar untuk memadamkan api, Kamis (30/08)

”Lahan ini sudah hampir habis sekitar 30×50 m2 ,  jadi janganlah kita sembarangan membuang puntung rokok , apa lagi musim kemarau dan di tambah angin kencang di puncak ini ,  otomatis gampang kali terbakar, ucap Gia Surbakti.

Atas adanya laporan masyarakat dan tanpa menunggu waktu yang lama mobil Damkar Milik Pemkab Karo langsung terjun ke TKP dan langsung memadamkan api tersebut, hanya berselang 1(satu) jam lamanya sekitar pukul 16.00 wib pihak Damkar dan warga berhasil memadamkan api.

Kapolsek Simpang Empat AKP Nazrides Syarif SH dan Danramil Simpang Empat Kapten Julester Surbakti di dampingi Camat Merdeka Terang Ukur Br Surbakti langsung terjun ke lokasi sekaligus membantu pegawai Damkar memadamkan api di lahan kosong yang terbakar tersebut.

Camat Merdeka menggatakan ,  kebakaran tersebut di duga dari puntung rokok , jadi saya minta kepada tamu wisata atau warga yang ada di puncak Gundaling ini , janganlah sembarangan membuang puntung rokok dengan sembarangan , apa lagi membakar sampah sembarangan. Dan saat ini kerugian dalam kebakaran tersebut tidak ada , karena yang terbakar pun lahan kosong ,” jelasnya.

( david )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *