by

Respon Tanggap TKSK Dan PSKS Didukung Pemcam Jonggol, Bantu Bencana Cianjur

Berita Jonggol, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Adanya Gempa Bumi Cianjur yang merengut korban jiwa dan masyarakat yang kehilangan tempat tinggal karena rumah yang roboh pada 21 November 2022, ternyata juga direspon cepat oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Jonggol dan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). Hal ini dibuktikan dari upaya pengumpulan bantuan logistik kelokasi pengungsian pada Jumat, 25 November 2022 kemarin.

Menurut Ketua TKSK Jonggol, Dudi Kusniadi yang dihubungi OLNews Indonesia pada Selasa, 29 November 2022, bahwa pemberian bantuan kemanusiaan yang dilakukan adalah respon spontanitas yang tentunya dapat terwujud dengan kerjasama semua pihak khususnya arahan dan dukungan Pemerintah Kecamatan Jonggol yang dipimpin oleh Camat Jonggol Andri Rahman, S.STP, M.Si.

Menurut Dudi, Stake Holder Komponen Masyarakat Jonggol bekerja secara spontan, kolektif dan simultan , hal itu terlihat dari banyaknya komponen yang terlibat, dari PSKS pastinya, hingga Kecamatan Tangguh Bencana Kecamatan Jonggol ( Kencana ), Pekerja Sosial Masyarakat ( PSM ), Karang Taruna Desa Jonggol, Yayasan Kirbat Kasih Indonesia ( YKKI ), Paguyuban RT Kecamatan Jonggol, Kepala Desa Singajaya beserta unsur Desa, BPD Desa Singajaya, Kasi Trantib beserta anggota, SMK Otista Puspa Negara, Kwartir Pramuka Ranting Kecamatan Jonggol, Sistim layanan rujukan terpadu ( SLRT ), Pendamping Lansia, Pendamping Sosial anak, PMI Kecamatan Jonggol, Batalion Yonpomad, Ambulance Desa Sukasirna. Dan semua yang disebutkan tadi juga ikut mengantarkan langsung bantuan ke lokasi.

Menurut Dudi, bantuan yang dikirimkan pada tahap pertama, Jumat, 26 November 2022 kemarin, dikirimkan ke Kecamatan Cugenang Desa Wangun. Bantuan yang diberikan berupa logistik pangan dan non pangan seperti beras, indomie, air mineral, pampers, obat obatan, pembalut, terpal, makanan ringan, pakaian layak pakai, kain kafan, susu, selimut, dll. Semua bantuan dikumpulkan di posko PSKS Jonggol, ataupun yang dihimpun oleh stake holder.

“Berharap masyarakat peduli dan mau membantu saudara saudara kita yang terkena musibah gempa bumi. Serta kepada masyarakat yang sudah membantu melalui doa maupun memberikan materi ataupun logistik pangan dan non pangan, Saya mengucapkan terimakasih atas bantuan yang sudah diberikan” ujar Dudi.

Joner