by

Puskesmas Rusun Karang Anyar Diresmikan Walikota Jakarta Pusat

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma meresmikan operasional Puskesmas Rumah Susun Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jumat (28/10).

Dhany mengatakan, fasilitas layanan Puskesmas Rumah Susun Karang Anyar merupakan sesuatu yang sudah lama dinantikan oleh penghuni rusun.

Pasalnya, penghuni rusun selama ini hanya mengandalkan layanan puskesmas keliling.

“Tapi, sekarang sudah tersedia fasilitas kesehatan di kawasan rumah susun yang disinergikan dengan program peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Pembangunan puskesmas di kawasan rusun merupakan upaya Pemprov DKI dengan prinsip kolaboratif antar SKPD untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan bagi warga,” ujar Dhany Sukma.

Ia mengungkapkan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan memanfaatkan semaksimal mungkin aset milik Pemprov DKI khususnya di sejumlah lokasi yang belum memiliki fasilitas puskesmas.

“Pemanfaatan aset menjadi kunci, sehingga tidak berorientasi pada pembebasan. Padahal, aset milik Pemprov DKI banyak yang dapat dimanfaatkan. Contohnya, puskesmas Rusun Karang Anyar yang memanfaatkan aset milik Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta untuk peningkatan layanan kesehatan warga,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti mengungkapkan, penyediaan fasilitas puskesmas Rusun Karang Anyar merupakan komitmen Pemprov DKI hadir dan peduli untuk memudahkan akses kesehatan bagi warga Kelurahan Karang Anyar.

“Saya mengapresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Wali Kota Jakarta Pusat yang telah mendukung sehingga Puskesmas Rusun Karang Anyar saat ini terealisasi,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Sarjoko mengaku senang dan menyambut baik kolaborasi sehingga mengakomodir tersedianya fasilitas puskesmas di dalam perencanaan pembangunan rumah susun.

“Kami terus berupaya mendekatkan layanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Jmy