by

Hari Sumpah Pemuda, BTJ dan PWI Tanam 1000 Bibit Pohon Di Desa Sukasirna Jonggol

Berita Jonggol, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94. Bogor Timur Jurnalis (BTJ) berkolaborasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor perwakilan wilayah timur menggandeng PT Kahaptex tanam 1000 bibit pohon yang bertemakan “Pemuda Yang Bertanggung jawab Akan menjaga Alamnya, Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita” di lokasi Pesona Sagatan Jonggol, Kampung Tegal Putat, RT 02, RW 06, Desa Sukasirna, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pada Sabtu 29 Oktober 2022.

Video Liputan Penanaman 1000 Pohon

Kegiatan penanaman 1000 bibit pohon tersebut dihadiri unsur Muspika, dalam hal ini, Camat Jonggol, Kapolsek Jonggol, Danramil jonggol, Kanit Pol PP Jonggol disertai Kepala Desa Sukasirna , Sekertaris Desa Sukasirna, LPM Desa Sukasirna dan BPD Desa Sukasirna.

Dengan penanaman 1000 bibit pohon berlokasi di wilayah Desa Sukasirna yang diinisiasi oleh BTJ dan PWI. Kepala Desa Sukasirna, Iwan Setiawan S.I.P mengutarakan terimakasih kepada Bogor Timur Jurnalis serta Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Bogor Wilayah Timur yang sudah mengalokasikan bibit pohon di Desa Sukasirna.

“Pertama-tama yang utamanya kami ucapkan terimakasih kepada BTJ sama PWI dan juga dari PT Kahaptex. Temen-temen semua sudah bisa membantu, sekaligus bukan hanya sekedar penanaman pohon, artinya sudah memberikan contoh, karena memang buat kami rentan tumbuhan itu,” ujarnya

Beliau juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini sekaligus menjadi contoh buat masyarakat apa arti dan manfaat dari pepohonan.

“Kita tanam seribu pohon ini bisa jadi contoh buat masyarakat, bahwasannya memang rentan akan erupsi yang terjadi, kemudian kita perhatikan disepanjang jalan raya, genangan-genangan air akibat daripada hutan, daripada kebun yang sudah tidak bisa berdirinya pohon-pohon tersebut. Artinya mudah-mudahan dengan ditanamnya seribu pohon ini bisa dirasakan manfaat, khususnya kita yang sekarang umumnya dan yang paling penting masa yang akan datang. Dan ini juga menjadi percontohan untuk seluruh Desa yang ada di Jonggol” ucapnya

Lalu kemudian beliau juga menegaskan langkah selanjutnya akan merawat dan memonitoring 1000 pohon tersebut untuk tetap tumbuh sesuai keinginan bersama.

“Tentunya langkah awal kita persiapkan instansi pemerintah desa dari mulai Bumdes, Karang Taruna, LPM, BPD dan khususnya para petani perkebunan, kita akan adakan konsolidasi kembali, karena petani disini juga ada Gapoktan yang membidangi. Mudah-mudahan dengan langkah seperti itu, langkah awal di konsolidasikan kembali bagaimana merawat dan menularkan kemasyarakatan. Dan menjadi percontohan juga buat seluruh desa yang ada di Kecamatan Jonggol,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Kelompok Petani Hutan Desa Sukasirna, Ujang Ma,mun menyampaikan hal senada dengan adanya penanaman 1000 pohon.

” Alhamdulillah, luar biasa sekali, ini dukungan dari BTJ dan PWI serta temen-temen Jurnalis sama Muspika Kecamatan Jonggol, terutama Pak Camat. Alhamdulillah kami merasa diperhatikan dan menjadi tanggungjawab bersama untuk merawat alam ini,” imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan PT Kahaptex, Abdul Ghofar Kepala bagian dari CSR Go green PT Kahaptex yang ikut dalam kegiatan penanaman 1000 bibit pohon tersebut mengungkapkan, bahwa kegiatan ini tidak ada nuansa politik dan murni dari program penghijauan untuk negri. Dan beliau berpesan jangan sampai anak cucu kita diwariskannya air mata, tapi wariskan anak cucu kita dengan mata air, tandasnya.

(Deni)